Website Panduan Kesehatan dan Kecantikan

6 Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit Dengan Mudah

cara memasak pare agar tidak pahit

Apa yang terlindas di pikiran anda saat mendengar nama kata pare? Pasti rasa pahit. Ya, pare memang identik dengan rasa pahit. Buah dengan warna hijau dan permukaan bergerigi berbentuk lonjong ini sebenarnya memiliki rasa yang nikmat jika anda tau trik cara mengolahnya agar rasa pahit pare menjadi tidak dominan dan menurunkan nafsu makan anda.

Baca Juga: Kandungan Dalam Beras Merah

Manfaat Pare

cara memasak pare agar tidak pahit dan manfaatnya

Dibalik rasa pare yang teramat pahit, terdapat berbagai macam kandungan gizi yang teramat tinggi yaitu membantu proses penyembuhan penyakit demam berdarah dengan menaikkan nilai trombositnya, menyembuhkan penyakit malaria, penyakit kuning dan lain-lain.

Bagi ibu yang sedang menyusui, konsumsi jus pare juga dipercaya melancarkan dan memperbanyak juga meningkatkan kualitas air susu. Bagi anak-anak termasuk balita konsumsi jus pare juga dapat mencegah dan mengobati penyakit cacingan. Berikut adalah manfaat lain dari konsumsi pare

1. Membantu program diet

Kandungan serat yang tinggi membuat konsumsi pare menyebabkan kenyang lebih lama. Cocok untuk anda yang sedang menjalankan diet penurunan berat badan. Selain itu kalori yang terkandung dalam pare cukup kecil yaitu 16 kalori dalam tiap cangkirnya. Dengan serat 2.6 gram dan air 90 %

2. Meningkatkan kualitas asi

Sudah menjadi rahasia umum jika ibu yang sedang menyusui dianjurkan untuk mengkonsumsi jus pare untuk meningkatkan kualitas asinya. Asi yang dihasilkan akan tinggi dengan kandungan karbohidrat simpleks (gula) yang nantinya mudah dicerna bayi dan membuat bayi kenyang lebih lama.

3. Untuk mempercantik diri

Selain kandungan serat yang tinggi, pare juga mengandung vitamin A, B, C, asam amino, kalsium, fosfor, dan beta-karoten. Kandungan beta karoten inilah yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Vitamin C bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit dengan cara menghalau sinar ultra violet yang merusak lapisan kulit.

4. Untuk menstabilkan gula darah

Konsumsi pare dianjurkan bagi anda yang terkena diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi dan juga rendah kalori membantu menstabilkan gula darah. Pare mengandung senyawa insulin dan alkaloids yang disebut Charntine. Senyawa ini berperan menurunkan kadar gula dalam darah.

Baca Juga: Jenis Tanaman Obat Diabetes

5. Menurunkan kolesterol

Kandungan phytonutrient yang terdapat di dalam buah pare menurunkan kadar lemak jahat yang ada di darah.

6. Mengobati dan mencegah cacingan

Buah pare mengandung charantin dan alkaloid yang pahit yang pahit yaitu momordisin. Senyawa ini dikenal untuk mengobati demam dan menghilangkan cacing terutama kremi di dalam tubuh.

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Para penikmat pare biasanya mengolah pare dengan cara ditumis dicampur dengan bahan makanan lain misalnya teri. Rasa gurih dan teksturnya yang cukup renyah membuat tumis pare nikmat disantap bersama nasi hangat. Namun untuk mendapatkan rasa tumisan pare yang nikmat, tentunya anda harus menghilangkan dahulu rasa pahitnya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan sebelum mengolah pare.

1. Meremas dengan garam

cara memasak pare agar tidak pahit dengan meremasnya dengan garam

Caranya adalah potong pare menjadi dua bagian kemudian iris tipis per bagian. Taburkan garam halus dan remas-remas hingga pare lemas. Diamkan pare selama 15 menit. Cuci dengan air bersih dan mengalir kemudian pare tersebut siap untuk diolah.

2. Pemberian gula

Mirip dengan penggunaan garam di tips yang pertama. Remas irisan pare dengan gula pasir, diamkan dan cuci bersih. Peremasan ini bertujuan agar ekstra rasa pahit yang ada di buah pare dapat keluar dari daging buah.

3. Menggunakan daun jambu biji

Remas daun jambu biji kemudian rebus bersama pare ke dalam air yang mendidih. Dengan merebus selama kurang lebih selama lima menit. Untuk ½ kg buah pare gunakan 10 lembar daun jambu biji. Setelah proses ini rasa pahit dalam pare akan jauh lebih banyak berkurang.

Baca Juga: Nutrisi Dan Jenis Makanan Peninggi Badan 

4. Menggunakan tanah liat

Lempengan tanah liat kering atau dalam bahasa jawa disebut ampo bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit berbagai makanan seperti daun pepaya dan juga pare. Rebus pare bersama lempengan tanah liat yang akan anda banyak jumpai di pasar tradisional.

5. Merebus dengan garam

Jika dalam tips yang pertama menggunakan garam dengan cara meremas bersama pare. Anda juga dapat merebus pare bersama garam hingga setengah matang.

6. Menambahkan bumbu dapur

Variasikan pare dengan aneka macam bumbu dapur untuk memperkaya rasa pare sehingga rasa pare yang cenderung pahit akan tertutupi dengan bumbu yang digunakan. Gunakan tambahan masakan lain seperti bawang bombay, kacang atau bahan makanan segar seperti udang, cumi, teri ebi dan lain sebagainya. Penambahan sedikit merica dan telur juga memperkaya rasa masakan dan menghilangkan jejak pahit pare.

Setelah rasa pahit di pare dapat hilang, sekarang pare siap diolah menjadi berbagai macam masakan yang nikmat dengan tidak meninggalkan nilai gizinya yang tinggi. Namun konsumsi pare juga seharusnya tetap harus dibatasi tidak dalam jumlah yang berlebihan. Karena bagaimanapun sesuatu yang dikonsumsi berlebihan pasti tidak baik.

Pencarian Masuk:

  • cara memasak pare agar tidak pahit
  • cara memasak pare
  • cara masak pare agar tidak pahit
  • https://geosehat com/cara-memasak-pare-agar-tidak-pahit/
  • cara mengolah pare agar tidak pahit
  • cara masak pare
  • cara memasak pare agar tetap hijau
  • cara memasak pare agar tidak pait
  • tips memasak pare agar tidak pahit
  • masak pare agar tidak pahit
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.