Website Panduan Kesehatan dan Kecantikan

7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Aman dan 100% Ampuh

cara memutihkan gigi

Semua pasti ingin memiliki gigi putih yang berkilau dengan alami, dan banyak yang rela melakukan cara apapun untuk mengembalikan warna gigi yang pudar.

Secara alami, warna gigi akan berubah seiring dengan bertambahnya usia, tetapi perubahan warna pada gigi juga dapat disebabkan oleh konsumsi beberapa makanan dan minuman, obat-obatan, rokok, serta penyakit dan perawatan kesehatan tertentu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Jengkol Di Mulut

Untungnya, ada berbagai cara alami untuk memutihkan gigi yang bisa anda lakukan sendiri di rumah untuk menghindari dan mengurangi perubahan warna pada gigi, serta memiliki beberapa keuntungan tersendiri, seperti:

  • Dapat menggunakan bahan alami yang tersedia di sekitar anda, sehingga biaya yang dikeluarkan jauh lebih terjangkau.
  • Aman untuk orang dengan gigi dan gusi sensitif.
  • Aman untuk ibu hamil dan menyusui, yang harus lebih berhati-hati dalam penggunaan bahan kimia.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

cara memutihkan gigi secara alami

Sudah tidak sabar ingin segera memutihkan gigi anda? Mari kita lihat bersama beberapa cara dibawah ini:

1. Memakan Buah Strawberry

Sudah ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa strawberry dapat memutihkan gigi karena mengandung enzim yang disebut asam malat (malic acid), astringent, dan Vitamin C.

Astringent dalam buah strawberry bisa membantu menghilangkan noda di permukaan gigi, sementara Vitamin C akan menyapu bersih plak dari gigi.

Gosok gigi anda dengan beberapa buah strawberry yang sudah dihancurkan dua kali dalam seminggu, untuk memberikan hasil yang bisa cepat terlihat.

Anda juga bisa secara rutin memakan strawberry, tapi pastikan anda mengunyah dengan benar agar strawberry tersebar merata pada seluruh bagian gigi.

2. Arang Aktif (Activated Charcoal)

Mungkin terdengar agak aneh, memutihkan gigi dengan sesuatu yang berwarna hitam pekat. Tetapi arang aktif sebenarnya adalah bahan berpori serap tinggi yang bisa mengikat zat seperti tanin – senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan, yang bisa menodai dan membuat gigi menjadi bewarna kuning atau kecoklatan.

Arang aktif juga sangat baik untuk menjaga kadar pH dan kesehatan mulut secara menyeluruh, karena bisa membantu mencegah karang gigi, serta membunuh bakteri jahat penyebab pembusukan gigi dan radang gusi. Cara menggunakannya cukup mudah:

  • Hancurkan arang aktif hingga menjadi bubuk, tutupi permukaan sikat gigi dengan bubuk arang, dan mulai menggosok gigi seperti biasa, atau
  • Campurkan satu sendok teh bubuk arang aktif dengan segelas air, berkumurlah dengan campuran ini selama beberapa menit, lalu keluarkan airnya dan biarkan arang yang masih menempel di gigi selama beberapa menit lagi agar bisa mengikat noda pada gigi, lalu bersihkan gigi seperti biasa.

Satu hal yang penting untuk diingat bila akan mencoba cara ini adalah, pastikan anda hanya menggunakan arang aktif yang aman untuk dimakan dan aman secara medis. Arang seperti ini bisa anda dapatkan di apotik atau toko obat. Jangan sekali-kali menggunakan arang yang biasa digunakan untuk membakar sate.

Baca Juga: Cara Melancarkan Haid Secara Alami Yang Setiap Wanita Wajib Tahu

3. Baking Soda dan Lemon

Bisa jadi ini merupakan cara memutihkan gigi secara alami yang paling dikenal luas. Bila hanya menggunakan salah satu bahan saja, efeknya tidak akan terlihat.

Tetapi bila dikombinasikan, reaksi kimia dari baking soda dan lemon sangat efektif untuk mengembalikan warna gigi.

Cukup campurkan satu sendok teh baking soda dengan sedikit air perasan lemon dalam mangkuk kecil, hingga berbentuk seperti pasta. Campuran akan terlihat sedikit berbusa. Sebelum menggosok gigi, gunakan kapas untuk mengeringkan air ludah dan plak berlebih pada gigi anda.

Oleskan campuran secara merata pada gigi, diamkan selama satu menit, dan bersihkan perlahan dengan menggunakan sikat gigi.

Sebaiknya anda hanya menggunakan campuran ini sekali dalam seminggu saja, karena penggunaan yang terlalu sering bisa menipiskan enamel gigi. Apabila terjadi iritasi setelah anda menggunakan cara ini, ada kemungkinan baking soda terlalu kuat untuk gusi anda, jadi segera hentikan penggunaan dan coba cara lain.

 4. Oil Pulling

Membayangkan memutihkan gigi dengan minyak mungkin akan membuat dahi anda berkerut, tetapi ini adalah cara tradisional India yang sudah lama digunakan untuk menjaga kesehatan mulut secara menyeluruh.

Konsepnya adalah berkumur dengan menggunakan minyak alami, seperti minyak wijen, minyak kelapa, atau minyak zaitun untuk membantu menghilangkan plak dan bakteri dari mulut. Minyak kelapa sudah terbukti bisa secara efektif memerangi bakteri streptococcus mutans yang menjadi penyebab karang gigi dan penyakit gusi.

Cukup masukkan satu sendok makan minyak alami dan organik pilihan anda pada mulut, dan berkumur hingga menjangkau seluruh permukaan dan sela gigi selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu, keluarkan minyak dan bersihkan mulut anda dengan air, dan langsung minum 2 hingga 3 gelas air.

5. Bubuk Kunyit

Memang betul bahwa sedikit saja kunyit bisa menimbulkan noda pada berbagai permukaan, tetapi ternyata kunyit malah bisa menghilangkan noda pada gigi dan mencerahkan warna gigi secara keseluruhan. Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa rempah alami ini bisa membantu meredakan radang gusi dan nyeri gigi.

Baca Juga: Makanan Sehat Penyubur Kandungan 

Sebelum menggunakan cara ini, harus diingat bahwa kunyit akan membuat bulu sikat gigi anda menjadi berwarna kekuningan, jadi siapkan satu buah sikat gigi khusus untuk melakukan perawatan ini. Begini cara menggunakannya:

  • Basahkan sikat gigi dan cocolkan pada sedikit bubuk kunyit. Sikat gigi seperti biasa dengan menjangkau seluruh permukaan dan sela gigi, lalu diamkan selama 3 sampai 5 menit.
  • Setelah itu berkumur dan bersihkan gigi dengan air bersih hingga tidak ada bubuk kunyit yang tersisa, lalu sikat gigi lagi dengan menggunakan pasta gigi yang biasa anda gunakan. Bila anda melihat ada sedikit noda kuning pada ujung mulut anda, cukup bersihkan dengan sabun dan nodanya akan segera hilang.

Anda mungkin akan dapat langsung melihat hasilnya saat pertama kali mencoba, mungkin juga tidak. Tetapi bila anda mencobanya secara rutin selama beberapa hari atau selama seminggu, anda pasti akan segera melihat perubahan positif pada warna gigi anda.

6. Mengkonsumsi Buah dan Sayuran Bertekstur Renyah

Buah dan sayuran yang bertekstur agak keras dan renyah seperti apel, seledri, dan wortel sangat baik untuk gigi anda, dan berlaku seperti sikat gigi alami. Hanya dengan mengunyah buah dan sayuran ini bisa membantu menghilangkan sisa makanan dan bakteri dari mulut anda, serta menggosok noda di permukaan gigi.

Tidak hanya itu, kandungan asam dalam buah dan sayuran juga bisa membuat gigi menjadi lebih putih, terutama apel yang mengandung asam malat (malic acid).

7. Hidrogen Peroksida

Anda bisa mendapatkan hidrogen peroksida yang aman dikonsumsi di toko kimia, toko obat atau apotik terdekat. Hidrogen peroksida juga mencegah pertumbuhan bakteri pada mulut, membantu mencegah infeksi, dan bisa mencegah bau nafas tidak sedap yang ditimbulkan oleh bakteri.

Campurkan satu sendok teh hidrogen peroksida dengan segelas air, lalu berkumur secara merata hingga mengenai seluruh permukaan gigi selama beberapa detik. Setelah itu berkumur lagi dengan air bersih untuk membersihkan sisa hidrogen peroksida dalam mulut.

Menjaga pola makan dan gaya hidup sehat sudah tentu akan membantu menjaga gigi anda tetap putih. Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi kopi, teh, atau soda terlalu banyak karena akan menyebabkan kerusakan yang cukup serius pada enamel gigi anda, karena itu usahakan selalu berkumur atau menggosok gigi setelah meminumnya.

Ternyata banyak sekali cara mudah untuk memutihkan gigi secara alami bukan? Tapi jangan lupa, mulut sehat bukan hanya tercermin dari gigi yang putih berkilau, sesekali anda juga perlu memeriksakan diri pada dokter gigi untuk memastikan tidak ada penyakit gigi yang bersarang di mulut anda.

Pencarian Masuk:

  • https://geosehat com/cara-memutihkan-gigi/
  • cara memutihkan gigi
  • agar gigi putih secara alami dan aman digunakan
  • cara memutih gigi
  • Cara memutihkan gigi dengan cepat dan alami
  • cara memutihkan gigi secara alami
  • cara memutihkan gigi yang efektif dan aman
  • memutihkan gigi
  • pemutih gigi

Leave A Reply

Your email address will not be published.