Website Panduan Kesehatan dan Kecantikan

6 Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Dengan Mudah

 cara mengatasi biang keringat pada bayi

Pada saat pertama kali bayi terkena biang keringat, biasanya ibu akan panik lalu mencoba mencari tahu penyebab dan obatnya. Betapa tidak, biang keringat ini bisa tiba-tiba muncul dan membuat warna dan kondisi kulit menjadi merah dan kasar.

Padahal sebenarnya, biang keringat sangat umum diderita oleh bayi. Biang keringat ini adalah kondisi dimana kulit menjadi merah dan kasar, yang diakibatkan karena tersumbatnya kelenjar keringat. Kulit menjadi bengkak, memerah, gatal dan membuat rasa tidak nyaman.

Baca Juga: Penyebab Dan Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Tips Mencegah Dan Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Pada bayi, biang keringat ini terjadi akibat orang tua yang memakaikan pakaian terlalu tebal dan panas. Namun, biang keringat juga bisa muncul pada saat cuaca sangat panas dan tubuh si bayi berada dalamm suhu yang tidak normal.

Bayi yang memakai pakaian terlalu tebal akan membuat suhu tubuh meningkat, walaupun suhu pada tangan dan kakinya terasa normal.

Nah, jika bayi anda tiba-tiba mempunyai biang keringat ini, anda tidak usah bingung dan panik. Kami disini akan memberikan 6 cara mudah mengatasi biang keringat pada bayi, yang bisa anda lakukan dengan cepat. Simak terus ulasan kami dibawah yah!

1. Singkiran Baju Yang Berlebihan

 cara mengatasi biang keringat pada bayi dengan singkirkan bajunya yang lembab

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab munculnya biang keringat ini adalah terlalu banyak baju yang dipakaikan yang menyebabkan bayi kepanasan.

Untuk itu, singkirkan lapisan baju yang berlebihan pada bayi agar kulitnya bisa bernapas dan mendingin. Hal ini akan membuat biang keringat tidak mudah menyebar pada bagian kulit lainnya.

Meskipun masih kecil, tubuh bayi sudah bekerja sebagai tubuh orang dewasa. Jika suhu terlalu panas maka bayi akan berkeringat. Keringat ini akan terserap oleh baju, dan membuat pori-pori tertutup hingga tidak bisa bernapas. Karena itu, singkirkan baju yang dipakaikan pada bayi dan kipas-kipas jika dirasa perlu.

Baca Juga: Cara Hamil Anak Laki-laki Yang Terbukti Berhasil

2. Hilangkan Sumber Panas dan Lembab

Pada saat bayi menderita biang keringat, salah satu hal yang harus dilakukan adalah menjauhkan bayi dari sumber panas dan lembab.

Dalam merawat dan menghilangkan biang keringat, suhu ruangan harus sejuk dan tidak lembab sehingga kulit akan terbuka pori-porinya. Jika cuaca memang panas, anda bisa memasang kipas angin dengan kecepatan sedang agar sirkulasi udara pada ruangan menjadi lancar.

3. Gunakan Lap Basah dan Dingin

Cara yang paling mudah dalam mengatasi biang keringat pada bayi adalah, dengan menggunakan lap basah yang dingin.

  • Gunakan lap basah ini pada permukaan kulit yang menderita biang keringat, dan usapkan perlahan-lahan.
  • Anda juga bisa menggunakan es batu yang sudah dilapisi kain, namun harus hati-hati dalam mengaplikasikannya.
  • Jika terlalu dingin, bayi akan shock dan merawat biang keringat akan menjadi sulit.

Setelah dibasahi dan didinginkan, jangan keringkan bayi dengan handuk atau lap kering. Hal ini akan membuat kulit bayi iritasi yang berujung gatal-gatal. Kulit bayi pun akan menjadi kering, dan biang keringat susah teratasi. Lebih baik diamkan saja terkena angin hingga kering sendiri.

4. Gunakan Baking Soda

Apabila anda merasa biang keringatnya tidak kunjung sembuh, anda bisa mencoba menggunakan baking soda. Baking soda terbuat dari mineral alkaline yang mempunyai banyak manfaat, dan aman digunakan pada kulit.

Untuk menggunakan baking soda dalam mengatasi biang keringat, anda harus membuatnya menjadi berbentuk krim. Caranya adalah,

  • Campurkan ½ sendok makan baking soda dengan sekitar 200 ml air dingin dan aduk hingga berbentuk krim.
  • Kemudian, celupkan lap bersih pada krim ini dan aplikasikan pada biang keringat yang memerah pada tubuh bayi.
  • Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air.

Baking soda ini akan menyingkirkan rasa gatal dan warna merah-merah, serta membuat kulit bayi menjadi halus. Untuk efek yang maksimal, aplikasikan krim baking soda ini sehari 2 kali hingga biang keringat menghilang.

5. Gunakan Oatmeal

 cara mengatasi biang keringat pada bayi dengan menggunakan oatmeal

Selain baking soda, anda juga bisa menggunakan oatmeal dalam mengatasi biang keringat pada bayi. Oatmeal yang terbuat dari gandum ini memang biasanya digunakan sebagai bahan makanan, namun ternyata memiliki manfaat luar biasa lainnya.

Oat ini memiliki kandungan anti-peradangan yang dapat membuat kulit menjadi halus dan mulus. Jika diaplikasikan pada biang keringat, peradangan pada kulit akan cepat berkurang dan rasa gatal akan hilang sepenuhnya.

  • Untuk menggunakan oatmeal sebagai obat biang keringat, anda harus mencampurkan oatmeal dengan air hangat hingga mempunyai tekstur seperti pasta.
  • Setelah itu, anda bisa mencelupkan dan mengoleskannya pada biang keringat seperti yang sudah di jelaskan di atas. Namun bila dirasa belum cukup, anda bisa memandikan bayi dengan cairan oatmeal ini.

6. Lakukan Langkah Pencegahan

Sesuai kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah biang keringat pada bayi muncul, anda sebagai orang tua harus melakukan beberapa langkah pencegahan :

  • Taruh bayi pada ruangan yang sejuk, dan pakaikan pakaian yang nyaman, lembut dan tidak menyerap panas. Kain natural seperti katun dapat digunakan karena dapat menyerap keringat, yang membuat bayi berkeringat lebih baik daripaka kain sintetis. Hindari pemakaian pula pemakaian popok plastik.
  • Jika dirasa ruangan masih terlalu panas untuk bayi, taruh kipas angin untuk mendinginkan ruangan. Namun perlu diingat, arah kipas angin jangan langsung diarahkan ke bayi karena dapat membuat bayi masuk angin. Arahkan ke ujung atau atap ruangan agar sirkulasi udara menjadi sejuk dan nyaman untuk bayi.
  • Apabila bayi harus keluar, jangan sampai bayi terkena sinar matahari langsung. Bayi harus berada pada tempat yang teduh agar suhu badan tidak meninggi, dan kulit tetap terjaga.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur

Demikian beberapa tips mencegah dan cara mengatasi biang keringat pada bayi yang bisa dilakukan pada buah hati Anda. Selain aman, tips diatas tentu tidak membutuhkan biaya yang banyak. Selamat mencoba.

Pencarian Masuk:

  • https://geosehat com/cara-mengatasi-biang-keringat-pada-bayi/
  • cara menghilangkan biang keringat pada bayi
  • Cara menghilangkan biang
  • cara menghilangkan bia
  • cara mengatasi biang keringat pada bayi
  • cara mengatasi biang keringat
  • cara mengatasi bia
  • cara menangani biang keringat p
  • cara cepat menghilangkan biang keringat pada bayi
  • solusi biang keringat bayi karena cuaca panas

Leave A Reply

Your email address will not be published.