Website Panduan Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Bahan Alami Yang Ampuh

cara mengatasi kulit berminyak

Kulit Anda termasuk jenis kulit berminyak yang setiap kali selalu terlihat berkilauan oleh minyak membandel, apalagi di bawah sinar matahari? Kulit berminyak dapat dialami siapapun karena produksi minyak berlebih oleh kelenjar minyak di bawah lapisan kulit.

Tentunya kulit berminyak cukup mengganggu aktivitas. Untuk para kaum hawa seringkali dapat merusak riasan, juga diperlukan banyak kertas minyak setiap hari.

Baca Juga: Cara Mencerahkan Kulit Kusam

Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Mengatasi kulit berminyak bisa saja dilakukan dengan obat-obatan maupun secara alami. Kalau ada yang alami, mengapa memilih yang berisiko memiliki efek samping? Yuk, kita simak 10 cara mengatasi kulit berminyak secara alami berikut.

1. Putih Telur

cara mengatasi kulit berminyak dengan putih telur

Putih telur kaya akan vitamin A yang dapat secara efektif menurunkan kadar minyak di kulit sekaligus mengencangkan kulit.

Anda hanya memerlukan satu buah telur, kemudian dipisahkan bagian kuning dan putihnya. Putih telur juga biasanya banyak terbuang saat membuat kue, jadi sembari mengobati kulit berminyak, Anda juga bisa sekaligus membuat kue.

Kocok terlebih dahulu putih telur hingga berbusa dan terasa kaku, kemudian ratakan di permukaan wajah. Biarkan mengering 15-30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Lakukan dua kali dalam seminggu. Jika bau putih telur membuat Anda mual, dapat pula ditambahkan dengan perasan lemon sehingga menjadi lebih netral.

2. Perasan Lemon

Buah lemon adalah sumber asam sitrat yang paling baik. Asam sitrat dapat bekerja sebagai astringen, yaitu dapat mengencangkan kulit sehingga tidak banyak minyak yang diproduksi kelenjar dibawah kulit. Zat antiseptik di dalam perasan lemon juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit serta menyeimbangkan pH kulit.

Untuk mengobati kulit berminyak, campurkan satu sendok teh perasan lemon dengan setengah sendok teh air hangat. Aplikasikan ke wajah dengan menggunakan kapas secara merata. Diamkan 10 menit sebelum dibilas kembali dengan air hangat. Anda juga dapat menambahkan madu dan susu jika berminat.

3. Yoghurt

Asam laktat yang terkandung dalam yoghurt dapat menyerap minyak berlebih yang dihasilkan kelenjar minyak pada wajah.

Pilihlah yoghurt plain (tanpa rasa) untuk menjadi masker wajah. Biasanya hanya dibutuhkan sekitar satu sendok makan yoghurt untuk seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Lakukan rutin setiap hari.

Jika yogurt dirasa terlalu cair, Anda dapat mencampurkannya dengan oatmeal yang sudah digerus, sehingga membentuk pasta yang lebih bertekstur dan lebih mudah diaplikasikan pada wajah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kulit Belang Yang Terbukti Ampuh

4. Tomat

cara mengatasi kulit berminyak dengan buah tomat

Tomat adalah bahan alami yang sangat ampuh untuk membasmi kulit berminyak karena sifat mendinginkan, membersihkan, dan astringennya. Tomat juga kaya akan vitamin C yang sangat membantu untuk melindungi wajah dari jerawat yang banyak diakibatkan oleh minyak berlebih.

Belah tomat menjadi dua bagian dan gosokkan ke kulit wajah hingga jus tomat keluar. Diamkan selama 15 menit, kemudian basuh dengan air dingin. Gunakan pelembab bebas minyak setelahnya.

Anda bisa pula membuat masker tomat dengan menggabungkan 3 sendok makan jus tomat dan satu sendok makan madu.

5. Apel

Apel sangat baik untuk mengatasi kulit berminyak dengan kandungan asam malatnya yang mampu mengangkat kulit mati serta menyerap minyak berlebih di permukaan wajah.

Untuk menggunakan apel, parut setengah buah apel dan manfaatkan parutannya untuk menjadi masker wajah. Diamkan selama 15 menit dan kemudian basuh dengan air hangat. Jika suka, Anda juga dapat menggabungkan yogurt dal perasan lemon ke dalam parutan apel.

6. Mentimun

Mentimun sangat kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, E, magnesium, kalium yang sangat ampuh membasmi kulit berminyak. Dengan menggunakan mentimun, terdapat efek mendinginkan kulit, serta menyegarkannya.

Potong-potong mentimun menjadi irisan yang agak tebal, kemudian gunakan irisan tersebut untuk digosokkan pada wajah. Lakukan sebelum tidur, dan biarkan semalaman sebelum keesokan harinya dibasuh dengan air hangat.

7. Cuka Apel (Apple Cider Vinegar)

Cuka apel merupakan antibakteri yang baik untuk mencegah jerawat timbul karena adanya minyak berlebih pada wajah. Cuka apel juga kaya akan kandungan AHA (alpha hydroxy acid) yang dapat membantu mengencangkan dan melembabkan kulit berminyak.

Anda dapat membuat toner homemade dengan cara melarutkan seperempat cangkir cuka apek dengan tiga perempat air mineral. Toner ini dapat digunakan saat Anda membersihkan wajah dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 10 menit sebelum Anda membasuh wajah dengan air dingin. Lakukan beberapa minggu hingga hasilnya mulai terlihat.

Jika di daerah Anda sulit untuk menemukan cuka apel, cuka masakan biasa pun ternyata dapat memiliki efek yang sama.

8. Susu

Susu memiliki emulsifier alami yang dapat melarutkan minyak dalam air. Dengan menggunakan susu, Anda dapat mendapatkan kulit yang halus dan bebas minyak. Kandungan AHA dalam susu juga membantu mengangkat kulit kering dan menjaga keseimbangan pH kulit.

Untuk memanfaatkan susu, campurkan tiga tetes minyak lavender dengan dua sendok makan susu. Aplikasikan ke permukaan wajah menggunakan kapas. Pijat sedikit wajah selama beberapa menit untuk meningkatkan peredaran darah. Diamkan semalaman saat tidur, dan basuh dengan air dingin keesokan harinya. Lakukan rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Tahi Lalat

9. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Keampuhan lidah buaya sebagai antibakteri memang sudah teruji dimana-mana. Daging lidah buaya juga dapat menyerap minyak berlebih dari permukaan kulit.

Caranya cukup mudah, petik satu helai daun lidah buaya untuk diambil daging gel di dalamnya. Aplikasikan langsung gel tersebut di permukaan wajah. Biarkan hingga mengering dan kemudian basuh dengan air bersih. Lakukan 2-3 kali per hari.

Anda juga dapat merebus terlebih dahulu daun lidah buaya untuk menghilangkan kotoran dan mematikan bakteri yang mungkin terbawa. Kemudian haluskan dengan madu, dan jadikan masker selama 20 menit. Dengan cara ini, Anda hanya perlu melakukannya dalam frekuensi satu kali seminggu.

10. Madu

cara mengatasi kulit berminyak dengan madu

Madu sendiri selain menjadi campuran bahan-bahan diatas juga dapat mengobati kulit berminyak. Madu dapat mengurangi minyak berlebih di permukaan kulit, merapatkan pori-pori, sertamencegah kerutan. Kulit juga dapat menjadi lebih lembab dan bebas minyak serta jerawat.

Pencarian Masuk:

  • cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami
  • https://geosehat com/cara-mengatasi-kulit-berminyak/
  • Cara menghilangkan wajah berminyak dengan bahan alami
  • cara mengencangkan kulit wajah berminyak
  • cara menghilangkan muka berminyak dengan bahan alami
  • cara mengatasi kulit berminyak dengan bahan alami
  • cara mengatasi muka berminyak dengan bahan alami
  • cara mengatasi kulit berminyak
  • bahan alami untuk kulit berminyak
  • cara menghilangkan kulit berminyak dengan bahan alami
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.