Website Panduan Kesehatan dan Kecantikan

11 Cara Mengatasi Kulit Kering Tanpa Harus Beli Produk Kecantikan

cara mengatasi kulit kering

Kita tidak perlu berkonsultasi pada ahli kecantikan hanya untuk mengetahui kondisi kulit kita dalam keadaan kering. Apabila terlihat kasar, retak atau pecah-pecah pada area kaki, lengan atau punggung serta adanya garis putih ketika kita menggoreskan kuku pada kulit, maka dapat dikatakan kulit dalam kondisi kering.

Biasanya terjadi ketika lupa memberikan pelembab pada daerah-daerah tersebut atau sedang dalam kondisi dehidrasi.

Untuk mencegah kondisi tersebut, biasanya dokter atau ahli kecantikan akan memberikan pelembab dengan kandungan alpha hydroxyl acids (AHAs) atau Anda dapat memperolehnya dari lotion yang dijual di pasaran.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Kulit Kering

Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Apabila Anda mengalami masalah kulit kering, berikut ini adalah cara mengatasi kulit kering secara alami yang dapat Anda kerjakan sendiri di rumah tanpa bantuan profesional :

1. Rajin Mandi

Karen S. Harkaway, MD., seorang instruktur dermatologi klinik du University of Pensylvania School of Medicine menyimpulkan bahwa membasuh tubuh dengan air dapat memberikan kelembaban tubuh jika tidak dilakukan secara berlebihan.

Mandilah dengan sabun yang memiliki kadar deterjen ringan (mild soap), suhu air suam-suam kuku hingga normal dan hindari sabun dengan kadar anti bakteri tinggi untuk sementara.

Tujuannya adalah agar kulit tidak semakin kering hingga membuat Anda merasa gatal, jika Anda sampai menggaruk tubuh dalam kondisi ini maka perbaikan kulit yang mengalami lecet akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

2. Gunakan susu

Susu merupakan bahan dengan kandungan AHA alami. Kompres kulit kering dengan waslap yang direndam dengan susu dingin selama kurang lebih 5 menit akan memberikan efek anti inflamasi sehingga akan mencegah rasa gatal akibat kekeringan yang menjadi penyebab bertambah rusaknya kulit.

Sifat susu yang menyejukan, melembutkan dan kandungan asam laktat di dalamnya juga memberikan efek melembabkan sekaligus memberikan aroma yang menenangkan. Tambahkan beberapa tetes air mawar dan gunakan dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

3. Pertroleum Jelly

Bahan ini mungkin terlalu kental dan agak sulit diaplikasikan meskipun manfaatnya sangat baik bagi kulit. Jadi, sebaiknya hangatkan terlebih dahulu agar lebih mudah diaplikasikan.

Penggunaan di malam hari lebih disarankan karena cukup merepotkan bila digunakan di siang hari saat beraktivitas.

4. Gunakan minyak pelembab

cara mengatasi kulit kering dengan menggunakan minyak pelembap

Mengoleskan minyak ke kulit juga membantu kelembaban kulit. Disarankan mengenakannya ketika kulit telah benar-benar kering tak lama setelah mandi sebelum Anda tidur. Kenakan pakaian tidur yang sudah usang karena penggunaan bahan ini akan sedikit berantakan.

Minyak biji anggur dan minyak zaitun merupakan bahan yang dapat menjadi rekomendasi karena selain manfaat yang diberikan, aromanya juga tidak begitu menyengat.

Namun, bila tidak tersedia di rumah, Anda dapat menggunakan baby oil sebagai penggantinya. Biarkan semalaman dan Anda akan merasakan bagaimana efeknya di kulit Anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kulit Belang

5. Gunakan penutup di area tertentu

Jika Anda terlalu malas atau terlalu sibuk, Anda tetap bisa menggunakan lotion sebelum tidur terutama pada beberapa bagian yang memiliki kecenderungan mengalami kekeringan cukup tinggi seperti tumit dan telapak kaki, siku maupun tangan.

Maksimalkan dengan menggunakan sarung tangan dan kaus kaki untuk mencegah lunturnya lotion selama tidur di seprai Anda ketika bergerak selama Anda tertidur.

6. Kombinasi minyak zaitun, madu dan brown sugar

Tambahkan 4 sendok gula, 1 sendok madu dan 2 sendok minyak zaitun sebagai resep scrub Anda. Gunakan resep ini sekitar setengah jam sebelum waktu mandi Anda dengan dipijat pelan secara melingkar. Anda dapat memaksimalkan fungsinya dengan mengoleskan pelembab ringan setelah mandi.

7. Campuran susu, lemon dan krim susu

Anda bisa mengkombinasikan produk modern dengan produk rumahan Anda agar tidak terlalu merepotkan. 1 sendok susu, 2 sendok krim susu dan beberapa tetes air lemon akan menjaga keseimbangan pH kulit jika digunakan sekali setiap harinya sebelum mandi. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air suam-suam kuku setelah diaplikasikan.

8. Yogurt

Yogurt saat ini bukan lagi bahan yang sulit dicari di Indonesia, bahkan sebagian orang bisa membuatnya sendiri. Sifat melembabkan dan anti inflamasi yang dimilikinya sangat ideal untuk kulit kering.

Asam laktat yang terkandung di dalamnya juga membantu mengatasi bakteri penyebab jerawat. Yogurt dapat diaplikasikan sendiri maupun dicampur dengan bahan lainnya.

½ cup yogurt dengan tambahan 3 sendok makan papaya yang dihaluskan, beberapa tetes lemon dan madu akan memberikan efek mencerahkan pula bila didiamkan selama 10 menit setelah dioleskan. Racikan ini dapat diaplikasikan di wajah, tangan, kaki maupun seluruh tubuh sebelum mandi, sekali setiap harinya.

9. Minyak kelapa

Minyak kelapa sudah lama terkenal dengan manfaatnya dalam melembabkan kulit. Bahan ini juga sangat mudah ditemukan dan murah sehingga cocok untuk semua lapisan masyarakat.

Cara penggunaannya sama seperti minyak zaitun atau biji anggur yang telah dikemukakan diatas. Lakukan setiap hari untuk hasil maksima.

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Tahi Lalat

10. Konsumsi air putih yang cukup

Cukup mengkonsumsi air merupakan kunci menjaga kelembaban tubuh dari dalam. Konsumsi air tidak melulu didapatkan dengan meneguk bergelas-gelas air, namun juga dapat dipenuhi dengan kandungan air dalam makanan seperti sup ayam atau sayuran berkuah.

Buah-buahan dengan kandungan air tinggi seperti semangka, jambu biji, jeruk, belimbing, air kelapa atau labu juga berkontribusi dalam upaya rehidrasi tubuh.

Jangan menunggu sampai Anda merasa haus untuk dapat mengkonsumsi air, ingatlah bahwa haus merupakan sinyal bahwa tubuh sudah mengalami fase dehidrasi.

11. Kenakan pakaian tertutup

Paparan sinar matahari langsung akan memicu keringat berlebihan yang dapat membuat tubuh kehilangan kandungan air lebih cepat.

Biarkan tubuh Anda memperoleh kandungan vitamin D dari sinar matahari sebelum pukul 11 siang, namun tutuplah tubuh Anda dengan pakaian yang sesuai atau dengan mengenakan payung diluar jam tersebut.

Selalu berbekal botol air minuman dan aplikasikan lotion favorit Anda. Semakin kental lotion, umumnya kandungan pelembabnya semakin tinggi.

12. Konsultasi dengan dokter pribadi Anda

cara mengatasi kulit kering dengan cara konsultan ke dokter pribadi konsultasi-dengan-dokter-pribadi

Jika Anda tidak berhasil dengan segala upaya yang telah disebutkan diatas dan merasa putus asa, maka sudah saatnya Anda berkonsultasi pada jasa medis dan ahli kecantikan.

Tanyakan apakah anda memiliki kondisi kesehatan tertentu yang menyebabkan anda mengalami kondisi kulit kering secara terus menerus.

Tips diatas bisa anda coba lakukan dirumah, tanpa harus pergi ke salin kecantikan. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat bagi Anda dan orang-orang yang Anda cintai, silahkan share artikel ini.

Pencarian Masuk:

  • produk untuk mengatasi kulit badan keeing
  • lotion alami untuk atasi kulit kering
  • https://geosehat com/cara-mengatasi-kulit-kering-2/
  • cara perawatan kecantikan tanpa ke salin
  • cara menghilangkan kulit kering karena obat kecantikan
  • cara mengatasi muka kering secara alami
  • cara mengatasi kulit wajah yang usang
  • Cara mengatasi kulit muka kering dan pecah
  • cara melembabkan kulit kering pecah
  • cara melembabkan kulit kering

Leave A Reply

Your email address will not be published.