Website Panduan Kesehatan dan Kecantikan

8 Cara Mengatasi Linu Pada Kaki Yang Ampuh Dan Terbukti Berhasil

cara mengatasi linu pada kaki

Pernahkah anda merasakan rasa linu dan pegal pada bagian kaki anda? Biasanya, rasa linu ini kita anggap sebagai rasa pegal biasa akibat terlalu banyak berdiri dan beraktifitas. Padahal, linu pada kaki bisa membahayakan loh! Linu ini bisa jadi awal mula berbagai penyakit-penyakit syaraf, atau penyakit yang berhubungan dengan saluran pembuluh darah lainnya.

Beberapa penyakit serius berawal dari rasa pegal dan linu pada kaki, yang kemudian merembet pada bagian tubuh lainnya dengan cepat. Rasa sakit dan linu bisa bermacam-macam, mulai dari rasa linu gatal, linu pegal, linu terbarkar, atau linu seperti berdiri di dalam ember berisi air es.

Baca Juga: Jenis Makanan Sehat Untuk Jantung

Cara Mengatasi Linu Pada Kaki

Rasa sakit juga biasanya dibarengi dengan gejala-gejala kerusakan syaraf, seperti tiba-tiba merasakan kaki lemas dan tidak bisa bergerak. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan beberapa cara mengatasi linu pada kaki berikut ini :

1. Coba Berjalan Dengan Perlahan

cara mengatasi linu pada kaki dengan menjalankan kaki

Aktifitas berjalan dengan santai dan perlahan dapat mengeluarkan endorphine, yang dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh secara alami. Olahraga berjalan ringan ini juga akan membuat peredaran darah dan syaraf lancar pada bagian betis dan kaki.

Peneliti percaya bahwa hanya dengan rutin berjalan kaki, darah yang ada di dalam tubuh akan lebih sehat dan pembuluh darah menjadi lebih besar. Hali ini akan meregenerasi syaraf-syaraf pada kaki agar menjadi sehat kembali.

2. Manjakan Kaki

cara mengatasi linu pada kaki dengan memanjakan kaki

Salah satu cara untuk mengatasi kaki linu ini adalah dengan memanjakan kaki anda sebelum rasa sakit dan pegal menyerang. Dengan memanjakan kaki anda seperti sering dipijat dan dirawat, syaraf dan otot pada kaki akan menjadi kuat dan sulit terkena cedera.

Rasa sakit linu pada kaki biasanya disebabkan oleh syaraf yang rusak, yang bisa saja membuat kaki anda infeksi atau cedera. Karena itulah, manjakan kaki anda dengan baik. Cek keadaan kaki setiap hari, gunakan sepatu yang nyaman, dan lihat apakah ada cedera-cedera ringan yang harus diobati.

Baca Juga: Cara Mengobati Sinusitis Yang Ampuh

3. Rendam Dengan Air Hangat

Mandi dan merendam kaki dengan air  hangat bisa dibilang dapat menjadi salah satu cara mengatasi kaki linu yang cepat dan efektif. Dengan mandi atau berendam air hangat, aliran darah akan menjadi lancar dan otot-otot menjadi rileks, sehingga rasa sakit akan menghilang. Agar mendapatkan efek yang lebih optimal, tambahkan beberapa sendok garam laut dan baking soda pada rendaman air hangat agar kotoran-kotoran pada tubuh bisa sekaligus terangkat.

4. Gunakan Balsam

Krim balsam yang memiliki rasa panas pada kulit ini memang akan membuat kulit seakan terbakar, dan tidak nyaman. Namun lama kelamaan, rasa panas ini akan membuat rasa sakit pada otot menghilang. Hal ini dikarenakan sistem syaraf dan otot yang rusak atau cedera sedang ‘dibetulkan’ oleh kandungan yang ada pada balsam. Balsam cukup efektif digunakan sebagai cara mengatasi linu pada kaki.

5. Urut Dengan Minyak

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa mengurut kaki linu dengan minyak botanical seperti geranium oil, minyak kelapa, atau extra virgin olive oil dapat mengurangi rasa sakit jika di aplikasikan dengan benar. Minyak dengan wewangian seperti minyak lavender juga dipercaya dapat menghilangkan rasa sakit, sekaligus membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

Menurut Science Translational Medicine Journal tahun 2012, mengurut kaki yang sedang linu atau cedera tidak boleh dilakukan dengan asal. Untuk mengatasi kaki linu dengan cara diurut, perlu diperhatikan beberapa hal. Pertama, perhatikan jenis dan jumlah minyak yang akan dipakai. Tidak semua minyak memiliki manfaat yang sama, dan kadang beberapa jenis minyak dapat memicu alergi.

Kedua, cara memijatnya. Jangan terlalu menekan otot langsung dengan keras, namun perlahan dengan lembut dan bertahap menekan dengan keras. Pijat kaki secara satu arah, dan lakukan selama 10 menit agar otot menjadi lemas dan peredaran darah menjadi lancar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan pijatan ini 2 hingga 3 kali setiap harinya.

6. Balurkan Larutan Kunyit

Kunyit merupakan jenis rempah yang sudah terbukti dapat meredakan rasa sakit, termasuk rasa linu dan pegal pada kaki. Pada kunyit, terdapat kandungan anti oksidan dan juga anti peradangan yang dapat mengatasi rasa linu pada kaki.

Untuk membuat larutan kunyit, anda bisa mencampurkan 1 sendok teh kunyit bubuk dengan minyak wijen secukupnya. Kemudian, balurkan pada kaki yang sedang linu sembari di pijit dengan perlahan. Tunggu selama 30 menit, dan bilas dengan air hangat.

7. Gunakan Jahe

Jahe sudah dikenal sebagai salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai banyak kegunaan, termasuk meredakan rasa pegal dan linu. Kandungan anti peradangan pada jahe dapat menghilangkan rasa sakit, sekaligus meningkatkan sirkulasi dan aliran darah. Anda bisa membalurkan kaki yang sedang sakit dengan minyak jahe 2-3 kali sehari. Alternatifnya, anda bisa meminum teh jahe alami agar rasa sakit bisa hilang dari dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Mengatasi Darah Rendah

8. Konsumsi Banyak Potassium

Tubuh yang kekurangan potassium ternyata bisa membuat kaki menjadi pegal dan linu. Potassium merupakan nutrisi yang penting dan dibutuhkan oleh otot dan syaraf. Untuk mencegah kekurangan potassium ini, anda bisa mengkonsumsi pisang, kentang dengan kulitnya, dan just tomat.

Kaki linu biasanya disebabkan oleh 2 hal : tubuh yang kekurangan nutrisi sehingga otot dan syaraf tidak bisa bekerja dengan normal, atau karena cedera otot yang disebabkan karena aktifitas yang dilakukan.

Untuk mengatasi kaki linu ini bisa menggunakan beberapa cara, seperti berendam dengan air hangat yang dicampur dengan garam, mengurut menggunakan balsam atau minyak, hingga menggunakan baluran kunyit. Tubuh juga harus mendapatkan cukup nutrisi, seperti potassium yang dibutuhkan untuk sistem kerja syaraf dan otot.

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Tentu saja, cara mengatasi linu pada kaki yang kami sebutkan diatas hanyalah sebatas penghilang nyeri saja, bukan cara untuk menyembuhkan. Jika dirasa kaki masih linu setelah melakukan cara diatas, atau bahkan semakin bertambah parah, segera temui dokter untuk mencari tahu penyebab dan obatnya. Ingat, kaki linu dan pegal bisa jadi gejala komplikasi penyakit yang lebih serius loh!

 

Pencarian Masuk:

  • https://geosehat com/cara-mengatasi-linu-pada-kaki/
  • kaki linu
  • obat kaki linu
  • obat linu
  • tips mengatasi kaki ngilu
  • cara mengatasi kaki linu
  • cara mengobati kaki linu
  • obat tradisional pegal linu pada kaki
  • obat pegal linu
  • obat pegel linu
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.