Website Panduan Kesehatan dan Kecantikan

5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Dengan Mudah Tanpa Perlu Panik

cara mengatasi telinga berdengung

Pernahkah anda pada saat sedang berjalan kaki, tiba-tiba telinga mengeluarkan suara ‘ngiiiing’ dan berdengung selama beberapa menit? Jika pernah, maka anda telah merasakan apa yang dinamakan dengan Tinnitus.

Tinnitus merupakan kondisi dimana telinga akan merasakan sensasi berdengung, berdering, atau mendengar suara tajam lainnya. Volume suara yang didengar pun bervariasi, ada yang mendengarnya sangat keras hingga merasakan pusing, ada yang samar-samar.

Tinnitus ini merupakan suatu hal yang sangat umum diderita oleh orang dewasa, baik pria maupun wanita. Namun pada beberapa kasus ekstrim, ditemukan bahwa orang yang terkena tinnitus ini tidak bisa berkonsentrasi bahkan kehilangan kesimbangan.

Penyebab terjadinya tinnitus ini beragam, ada yang dikarenakan infeksi pada organ dalam telinga, komplikasi penyakit, atau hanya karena mendengar suara yang terlampau keras.

Baca Juga: Cara Mengobati Panas Dalam

Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Untuk mengatasi telinga berdengung akibat tinnitus ini, anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini :

1. Mengingat Potensi Penyebab

Sebelum mengatasi masalah ini, harus mengingat terlebih dahulu apa yang sekiranya menjadi alasan telinga anda berdengung. Apakah anda sebelumnya berada di ruangan yang bersuara keras? Apakah anda mengkonsumsi obat-obatan atau alkohol? Dengan anda berusaha mengingat potensi penyebab anda berdengung, anda akan menjadi tahu langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya.

2. Mengetuk Kepala Dengan Halus

Jika anda sebelumnya berada dalam ruangan yang bersuara keras, kemungkinan besar rambut halus yang ada pada cochlea anda mengalami kerusakan. Kerusakan ini akan membuat telinga anda berdengung dan berdering yang kadang disertai oleh pusing dan mual. Salah satu cara mengatasi telinga berdengung ini adalah dengan mengetuk kepala dengan halus. Ini yang harus anda lakukan :

Tutup telinga menggunakan telapak tangan anda sepenuhnya. Jari-jari anda harus berada pada belakang kepala dan menempel pada kulit. Arahkan jari tengah anda hingga saling berhadapan pada bagian paling belakang kepala.

  • Taruh jari telunjuk di atas jari tengah.
  • Mulai tepuk jari telunjuk ke punggung jari telinga anda hingga mengeluarkan bunyi keras seperti menabuh drum.
  • Lakukan tepukan lembut ini di belakang kepala anda 40 hingga 50 kali. Setelah 40 atau 50 kali, lepas tangan dari telinga dan dengar apakah dengungan masih ada.

3. Pergi dari Sumber Suara

Telinga berdengung bisa jadi karena telinga terekspos oleh suara-suara keras. Efek samping dari suara keras ini biasanya akan ‘mendekam’ selama beberapa jam, yang menyebabkan telinga mendesis atau berdengung. Karena itu, segera pergi dari sumber suara keras tersebut menuju tempat yang lebih sepi dan sunyi. Namun bila setelah 24 jam suara dengungan tidak berhenti, maka anda harus secepatnya pergi ke dokter untuk mencari pertolongan.

Baca Juga: Manfaat Pare Untuk Kesehatan

4. Konsultasi Ke Dokter

cara mengatasi telinga berdengung dengan konsultasi ke dokter

Tidak ada yang lebih baik selain konsultasi ke dokter untuk mencari penyebab dan obatnya, apalagi jika tinnitus ini sudah mencapai tahap kronis. Anda jangan takut ke dokter, karena kebanyakan tinnitus atau telinga berdengung disebabkan oleh kondisi yang masih bisa disembuhkan. Bila anda serius ingin berkonsultasi ke dokter, anda bisa memintanya melakukan beberapa hal :

  • Minta tolong dokter untuk mengangkat kotoran dari dalam kuping anda secara tuntas. Kotoran yang ada di dalam kuping dapat membantu mengatasi telinga berdengung, karena rambut halus pada area cochlea bisa bekerja normal.
  • Minta tolong dokter untuk melihat kondisi pembuluh darah anda. Kondisi pembuluh darah yang kurang baik dan rusak akan membuat tinnitus menjadi semakin parah.
  • Minta tolong dokter untuk melihat kembali obat-obat yang harus anda konsumsi, jika selama ini anda sedang dalam masa pengobatan. Jika anda menggunakan beberapa obat sekaligus, bicarakan hal ini dengannya. Siapa tahu telinga berdengung ini merupakan efek samping dari obat yang anda konsumsi.

5. Jaga Pola Makan

cara mengatasi telinga berdengung dengan pola makan sehat

Perlu anda ketahui, ada  beberapa jenis tipe makanan yang bisa membuat tinnitus mereda, namun ada juga yang malah memperparah kondisinya. Beberapa jenis makanan yang dan suplemen yang baik untuk meredakan tinnitus ini adalah :

  • Ginkgo Biloba – Ginkgo biloba akan membantu memperlancar aliran darah yang ada pada leher, kepala hingga ke dalam otak. Kandungan yang ada pada ginkgo biloba ini juga akan mengurangi peradangan yang ada pada pembuluh darah. Tapi meskipun begitu, ginkgo biloba bukanlah ‘obat instan’ yang dapat langsung menyembuhkan tinnitus ini. Diperlukan waktu yang cukup lama untuk obat bisa bekerja mengatasi tinnitus atau telinga berdengung.
  • CoEnzyme Q10 (CoQ10). Pada jurnal Otolaryngology – Head and Neck Surgery tahun 2007 disebutkan bahwa enzim CoEnzym Q10 dapat membantu pasien yang menderita tinnitus. Para chiropractor juga biasanya merekomendasikan pasien tinnitus ini untuk mengambil suplemen CoQ10 ini. Hal ini dikarenakan suplemen jenis ini akan membuat sel mitochondria menjadi aktif, sehingga mencegah terjadinya serangan jantung, stroke, dan tinnitus yang biasanya terjadi akibat aliran darah yang terganggu.

Selain mengkonsumsi makanan yang baik untuk mengatasi tinnitus, anda juga harus menghindari beberapa jenis makanan yang dapat membuat kondisi semakin parah. Beberapa jenis makanan itu adalah :

  • Kafein – Kafein yang biasanya ada di dalam kopi akan mengurangi aliran darah dari kepala, leher dan kuping. Aliran darah yang tidak lancar pada area tersebut dapat memperparah gejala tinnitus.
  • Garam – Konsumsi garam yang berlebihan juga dapat meningkatkan tekanan darah, yang selain menyebabkan tinnitus bisa juga menyebabkan hipertensi..

Demikian informasi dan beberapa cara mengatasi telinga berdengung yang bisa kami berikan. Jika telinga anda berdengung, jangan panik. Segera pergi dari sumber suara, dan lakukan beberapa langkah yang kami berikan di atas. Jika dengungan masih berlanjut selama 24 jam, segera hubungi dokter.

Pencarian Masuk:

  • cara mengatasi telinga berdengung
  • telinga berdengung
  • https://geosehat com/cara-mengatasi-telinga-berdengung/
  • cara mengobati telinga berdengung
  • cara menghilangkan telinga berdengung
  • cara menyembuhkan telinga berdengung
  • mengatasi telinga berdengung
  • cara mengobati telinga berdengung secara alami
  • cara menghilangkan dengung di telinga
  • obat telinga berdengung
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.