Website Panduan Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengobati Panas Dalam Yang Ampuh Dan 100% Alami

cara mengobati panas dalam

Panas dalam adalah suatu kondisi di mana ada gangguan yang terjadi di tenggorokan atau dada, seperti ada perasaan terbakar. Terkadang jika Anda sedang terkena panas dalam, Anda merasakan sakit di tenggorokan bahkan untuk menelan makanan terasa sulit. Sariawan dan bibir pecah-pecah juga menjadi gejala panas dalam.

Panas dalam bisa terjadi karena beberapa faktor, bisa karena kelelahan, kurang vitamin C bisa juga karena ada masalah pada lambung. Hal tersebut sangat mengganggu dan menimbulkan perasaan tidak nyaman karena itu harus segera diatasi.

Baca Juga: Manfaat Pare

Cara Mengatasi Panas Dalam Secara Alami

Berikut di bawah ini adalah beberapa cara mengobati panas dalam secara alami yang tentunya aman dan tidak menimbulkan efek samping.

1. Menggunakan baking soda

Satu cara untuk mengatasi dan mengobati panas dalam adalah dengan memanfaatkan satu sendok baking soda. Baking soda mengandung PH yang lebih tinggi dari 7.0 sehingga bisa membantu meredakan panas dalam yang disebabkan oleh asam lambung.

Cara menggunakan bahan tersebut juga cukup mudah yaitu

  • Ambil satu sendok teh baking soda
  • Campur dengan segelas air putih,
  • kemudian aduk dan segera minum larutan tersebut.
  • Ulangi sampai beberapa kali dalam sehari namun jangan melebihi dosis yaitu maksimal tujuh sendok dalam sehari.
  • Minum larutan tersebut secara rutin.
  • Jika panas dalam masih belum hilang, konsultasikan hal tersebut kepada dokter karena penggunaan larutan baking soda tersebut dalam jangka panjang bisa menyebabkan mual atau pembengkakan.

2. Manfaatkan apel atau pisang

cara mengobati panas dalam dengan mengkonsumsi apel dan pisang

Buah adalah salah satu jenis makanan yang masuk ke dalam daftar menu empat sehat lima sempurna. Buah memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah untuk mengatasi panas dalam. Panas dalam karena gangguan pada lambung bisa diatasi dengan mengonsumsi pisang.

Satu buah pisang setiap hari yang mengandung antasida alami bermanfaat untuk meredakan gejala panas dalam Anda. Selain itu buah apel juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi panas dalam. Sebelum tidur, cobalah untuk makan apel untuk mengurangi ketidaknyamanan karena panas dalam tersebut.

3. Memanfaatkan jahe

Anda bisa membuat sendiri ramuan yang bisa mengatasi panas dalam akibat adanya gangguan lambung. Anda hanya membutuhkan jahe dan air. Potonglah jahe sesuai kebutuhan dan masukkan ke dalam air mendidih. Minum air jahe tersebut sekitar 20 menit sebelum makan.

4. Menggunakan jus lidah buaya

Lidah buaya sudah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kita. Untuk mengatasi jerawat dan menyuburkan rambut, orang bisa memanfaatkan lidah buaya. Di samping itu, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi panas dalam. Buatlah jus dengan bahan dasar lidah buaya kemudian minumlah untuk mengurangi peradangan karena panas dalam.

Baca Juga: Cara Mengatasi Telinga Berdengung

5. Mengunyah permen karet

Penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Dental Research mengatakan bahwa permen karet bisa bermanfaat untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat panas dalam.

Dengan mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan bisa direkomendasikan untuk mengatasi panas dalam. Namun, ingatlah untuk memilih permen karet bebas gula agar tidak memberikan dampak negatif bagi kesehatan gigi Anda.

6. Menghindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol adalah dua hal yang berdampak tidak baik bagi penggunanya. Dalam kaitannya dengan panas dalam, hal tersebut akan membuat asam di lambung naik ke kerongkongan penyebab terjadinya panas dalam.

Selain itu, mengonsumsi alkohol bisa membuat perut mengalami iritasi. Kurangi konsumsi keduanya bahkan menghindarinya sama sekali akan lebih baik bagi kesehatan Anda.

7. Menghindari gorengan

Gorengan memang kurang baik dikonsumsi karena jenis makanan tersebut mengandung lemak yang bisa menyebabkan gangguan pada tenggorokan dan panas dalam.

Selain itu, mengonsumsi gorengan terlalu berlebihan akan menyebabkan kadar lemak dalam tubuh meningkat yang berdampak kurang baik bagi jantung dan tentu saja lemak berlebih tidak baik bagi Anda yang sedang berdiet.

8. Mengonsumsi sayuran hijau

Anda memerlukan makanan dengan kadar asam yang rendah yang tidak akan mengganggu lambung sehingga menyebabkan panas dalam. Sayuran hijau adalah bahan makanan yang direkomendasikan sebagai makanan rendah asam.

Beberapa macam sayuran tersebut adalah asparagus, kembang kol, dan seledri. Namun ingat untuk tidak menambahkan rempah-rempah yang mengandung asam dalam masakan tersebut seperti bubuk cabai dan lada hitam.

9. Gaya hidup yang sehat

cara mengobati panas dalam dengan beroraga

Salah satu cara untuk mewujudkan gaya hidup yang sehat adalah dengan memerhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita. Makanlah makanan yang mengandung serat serta vitamin dan zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makan makanan berlemak dan berkolestrol tinggi adalah beberapa jenis makanan tidak sehat yang harus dihindari. Contohnya adalah makanan cepat saji atau junkfood. Dalam kaitannya dengan gangguan panas dalam, junkfood mengandung kadar lemak tinggi yang bisa menyebabkan timbulnya panas dalam.

Contoh gaya hidup sehat yang lain adalah istirahat cukup dan mengurangi risiko stres. Tidur selama delapan jam sehari akan membuat tubuh lebih fresh dan tidak mudah stres sehingga bisa mencegah timbulnya gangguan panas dalam.

Baca Juga: Jenis Tanaman Obat Diabetes

10. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C

cara mengobati panas dalam dengan makan makanan mengandung vitamin C

Salah satu penyebab dari panas dalam adalah kebutuhan tubuh akan asupan vitamin C kurang terpenuhi, karena itu disarankan bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin C Anda. Buah jeruk merupakan salah satu contoh makanan yang mengandung vitamin C sebagai upaya untuk mencegah timbulnya panas dalam.

Cara mengobati panas dalam secara alami di atas tentunya mudah untuk dipraktekkan sendiri di rumah Anda. Selamat mencoba.

Pencarian Masuk:

  • obat panas dalam
  • Cara mengobati panas dalam
  • cara mengatasi panas dalam
  • https://geosehat com/cara-mengobati-panas-dalam/
  • obat alami panas dalam
  • cara menghilangkan panas dalam
  • obat panas dalam yang ampuh
  • cara menyembuhkan panas dalam
  • panas dalam
  • mengatasi panas dalam

Leave A Reply

Your email address will not be published.