Website Panduan Kesehatan dan Kecantikan

9 Cara Mengobati Sinusitis Yang Ampuh Dan 100% Alami

 Cara Mengobati Sinusitis

 

Sinusitis dapat menyerang seseorang dikarenakan adanya peradangan pada dinding sinus, yaitu sebuah rongga di belakang tulang pipi dan dahi yang berisikan udara. Sinus menghasilkan lendir yang berfungsi untuk menjaga suhu dan kelembaban udara yang akan masuk ke paru-paru.

Peradangan pada dinding sinus biasanya dimulai semenjak virus influenza menyerang tubuh, sehingga seseorang akan merasakan sakit kepala, hidung tersumbat dan terkadang mengeluarkan cairan kuning kehijauan, serta nyeri pada bagian wajah terutama di bagian sekitar hidung dan juga kehilangan indra penciuman.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Cara Mengobati Sinusitis Yang Perlu Anda Ketahui

Sinusitis tidak memerlukan penanganan khusus, karena memang terjadi akibat infeksi virus. Sinusitis dapat mereda dalam waktu dua hingga tiga minggu untuk membuat kondisi tubuh kembali normal.

Namun jika tidak terselesaikan, maka Anda harus mengkonsultasikannya ke dokter untuk mengetahui penyakit sinusitis yang Anda alami. Beberapa hal berikut untuk bisa anda praktekkan untuk mengurangi gejala sinusitis, yakni :

1. Hindari Dehidrasi

 Cara Mengobati Sinusitis demgan menghindari dehidrasi

Jika Anda ingin kesembuhan datang lebih cepat, banyak-banyaklah berusaha untuk menjaga kelembaban tubuh dengan minum air putih, jus tanpa gula, kuah sup tanpa santan, serta teh hangat.

Kadar air yang mencukupi di dalam tubuh akan membuat daerah sekitar hidung juga lembab, kemudian lendir di sekitar bagian sinus juga menebal dan pada akhirnya akan menutupi bagian sinus yang meradang sehingga mengurangi rasa sakit.

Seringkali penderita sinus juga diikuti dengan demam. Dengan minum banyak air, demam akan lebih cepat turun dan virus juga dapat lebih banyak dikeluarkan melalui urin.

2. Hilangkan Alergen Yang Menjadi Penyebab Sinusitis

Ketombe hewan peliharaan, debu, spora, dan serbuk sari merupakan alergen yang dapat menyebar di udara dan dapat menyebabkan peradangan pada sinus. Jika Anda termasuk orang yang menderita sinusitis dalam frekuensi sangat sering, periksa kembali apakah di lingkungan Anda tinggal memang terdapat alergen tersebut.

Cobalah untuk menggunakan penyaring udara sehingga udara yang masuk ke dalam tubuh lebih bersih. Atur agar hewan peliharaan tetap mendapatkan tempat yang nyaman namun di bagian luar rumah. Sering-sering pula memandikannya sehingga tidak ada alergen yang tumbuh di badan hewan peliharaan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Linu Pada Kaki

3. Paparkan Hidung dengan Uap Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih selain dapat menghangatkan tubuh ternyata dapat pula berkhasiat untuk mengobati sinusitis. Anda bisa langsung menghirupnya dari botol minyak kayu putih, atau bisa pula mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam semangkuk air hangat yang masih beruap.

Uap air hangat kemudian akan membawa minyak esensial yang dapat membantu mengeluarkan lendir dari hidung sehingga rasa tersumbat dapat berkurang.

Hal ini sangat membantu karena lendir akan keluar secara alami. Pengeluaran lendir dengan paksaan berupa tekanan yang kuat pada hidung justru malah akan menambah peradangan sinus.

4. Kompres Hidung dengan Air Hangat

Gejala sakit kepala yang menyerang saat seseorang terkena sinusitis dapat disebabkan oleh cairan yang terhambat di dalam hidung. Salah satu cara mengobatinya adalah dengan mengompres hidung menggunakan air hangat.

Gunakan handuk atau sapu tangan lembut untuk mengompres hidung. Kompres hidung dengan posisi tubuh telentang sehingga dapat lebih mudah membuka hambatan cairan di dalam hidung.

5. Konsumsi Makanan Pedas

Pernah merasakan ingin mengeluarkan air mata dan cairan hidung saat memakan sambal? Ternyata cara ini pun dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit sinusitis.

Hal ini dikarenakan kandungan yang membuat manusia merasakan kepedasan dapat membuat cairan di dalam sinus larut dan keluar melalui lubang hidung.

Ketika lebih banyak cairan yang keluar dari lubang hidung, tentunya lebih banyak pula virus dan bakteri penyebab sinusitis yang keluar tubuh, sehingga sinusitis menjadi lebih cepat sembuh.

Konsumsilah berbagai makanan yang mengandung cabai, paprika, bawang, dan lada. Tapi hati-hati juga ya, karena kalau terlalu banyak bisa-bisa Anda sakit perut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Darah Rendah

6. Konsumsi Jahe

Jahe juga mengandung aroma pedas, serta kurkumin yang berfungsi untuk meredakan peradangan. Rasa pedas yang dikandung jahe juga berperan sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh.

Terkadang penderita sinus juga merasakan perutnya tidak nyaman. Kandungan dalam jahe dapat meredakan rasa tidak nyaman ini.

Jahe dapat diolah dengan cara direbus, kemudian air rebusannya dicampurkan dengan madu. Jahe juga cukup populer untuk diminum sarinya dengan dicampurkan dengan teh panas.

7. Membuat Semprotan Hidung Saline

Untuk para penderita sinus yang kasusnya sudah parah, Anda dapat mambuat cairan saline yang merupakan gabungan dari 400 mL air matang, satu sendok teh garam, dan satu sendok teh soda bikarbnat.

Kemudian setelah jadi, larutan ini dapat disemprotkan ke dalam hidung beberapa kali dalam sehari. Tujuannya lebih untuk membersihkan saluran hidung sehingga virus tidak tahan tinggal di dalamnya.

8. Penggunaan Dekongestan dan Obat Tetes Hidung

 Cara Mengobati Sinusitis dengan obat tetes hidung

Dekongestan merupakan obat yang dapat mengurangi penumpukan cairan di dalam sinus. Untuk mengonsumsinya, Anda tidak bisa asal-asalan dan harus melalui anjuran dari dokter.

Saat ini juga sudah tersedia obat tetes hidung yang dapat mengurangi efek peradangan di rongga sinus serta mencegah infeksi agar tidak menyebar ke saluran pernapasan. Namun sama seperti dekongestan, obat tetes hidung harus didapatkan dengan resep dokter.

Obat tetes hidung yang terdapat di pasaran juga biasanya memiliki efek samping seperti keringnya bagian dalam hidung, nafas menjadi tidak nyaman, atau bahkan mimisan.

9. Operasi

Operasi dilakukan ketika penderita sinus sudah melakukan berbagai cara, namun sinus tetap membandel dan terus menyerang. Operasi pembedahan sinus dinamakan dengan BSEF.

Pada proses operasi, sebagian jaringan polip pada hidung yang menyumbat saluran sinus akan diangkat, serta dilakukan proses dilatasi kateter balon untuk membuka saluran drainase pada bagian sinus.

Implan dapat dilakukan pada saat operasi untuk menjaga agar katup bagian sinus tetap terbuka sehingga di masa yang mendatang sinusitis tidak lagi menyerang.

Itulah tadi 9 cara untuk mengobati sinusitis secara ampuh. Setelah sinusitis sembuh, tentunya tubuh harus dijaga kebugarannya agar sinusitis tidak lagi menyerang, seperti misalnya berolahraga secara rutin setiap hari.

mengonsmsi makanan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan, menggunakan masker jika berada di lingkungan yang kurang kondusif bagi pernapasan, menjaga kebersihan tubuh, serta selalu membersihkan rumah agar bebas dari debu dan polutan.

Pencarian Masuk:

  • cara mengobati sinusitis dengan minyak kayu putih
  • cara menyembuhkan sinusitis dalam 5 hari
  • cara mengobati sinusitis
  • Obat alami sinusitis
  • cara menyembuhkan sinusitis
  • https://geosehat com/cara-mengobati-sinusitis/
  • cara mengobati sinus
  • obat sinusitis alami
  • cara mengatasi sinusitis
  • obat sinusitis

Leave A Reply

Your email address will not be published.