Website Panduan Kesehatan dan Kecantikan

8 Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas, Sehat dan Pintar

makanan ibu menyusui agar bayi cerdas

Sampai usia dua tahun, seorang bayi mengalami perkembangan otak yang luar biasa cepat jika dibandingkan dengan perkembangan otak di periode lainnya. Ini adalah hal yang sebaiknya tidak diabaikan oleh para ibu terutama yang baru pertama kali memiliki buah hati.

Perkembangan otak yang cepat ini sebaiknya ditanggapi dengan perlakuan-perlakuan yang tepat untuk mendukung tumbuh kembang bayi dan bukan hanya dari sisi perkembangan otak saja.

Bayi Cerdas Harapan Semua Ibu. Memiliki bayi yang cerdas adalah dambaan semua ibu. Maka, tak heran jika banyak ibu yang berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan sang bayi termasuk menyantap makanan yang tadinya bukan merupakan menu makanan favorit.

Baca Juga: Gejala dan 4 Cara Mengobati Batu Ginjal Pada Wanita

Hal ini dilakukan agar mampu memproduksi ASI dengan kandungan gizi yang dibutuhkan bayi.

Rekomendasi Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

makanan ibu menyusui agar bayi cerdas yang telah direkomendasikan

Berbicara tentang makanan ibu menyusui agar bayi cerdas, apa saja sih yang termasuk dalam rekomendasi makanan wajib bagi ibu menyusui agar bisa memiliki bayi yang sehat dan pintar? Untuk mendapatkan manfaat maksimal, ibu sebaiknya mendukung pemberian ASI kepada bayi dengan mengonsumsi rekomendasi makanan bergizi berikut ini.

1. Buah Blueberry

Makanan pertama yang menjadi rekomendasi makanan ibu menyusui agar bayi cerdas adalah buah blueberry. Buah ini dikenal memiliki kandungan flavonoids. Nah, flavonoids sendiri dikenal mampu membantu seseorang dalam meningkatkan daya ingat, kemampuan belajar, dan berpikir secara keseluruhan. Di saat bersamaan, konsumsi buah ini bisa memperlambat risiko penurunan kemampuan mental.

Bagaimana menyajikannya? Ibu bisa mengonsumsinya langsung atau dicampur dengan sereal oats maupun yoghurt. Konsumsilah buah ini meskipun sedikit untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bayi lewat ASI.

2. Buah Zaitun

Bukan hanya dikenal sebagai pengganti minyak goreng yang baik dan sehat (ataupun sebagai minyak pijat), buah zaitun bisa digunakan sebagai alternatif makanan yang tepat untuk membantu ibu menyusui memiliki bayi cerdas seperti yang diharapkan.

Konsumsi buah zaitun secara teratur diketahui bisa menurunkan risiko kerusakan otak seiring berjalannya waktu. Apa yang membuatnya istimewa? Buah zaitun ternyata mengandung kandungan lemak tak jenuh tunggal dan zat ini berfungsi dalam mengantarkan oksigen lebih banyak ke otak dan seluruh sel yang membutuhkan.

3. Kacang-kacangan

Hilangkan statement dan stereotype bahkan konsumsi kacang bisa menimbulkan jerawat di area wajah dan memperburuk tampilan. Kacang sesungguhnya memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan ibu menyusui jika ingin menghasilkan ASI terbaik bagi bayi mereka supaya cerdas.

Baca Juga: Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

Ditambah, menu ini sudah bisa dikenalkan langsung kepada bayi sebagai alternatif menu makanan pendamping ASI. Lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang ada dalam kacang-kacangan bisa membantu dalam memberikan perlindungan bagi otak dari penyakit Alzheimer.

4. Ikan

Daging ikan juga disarankan sebagai makanan baik bagi ibu menyusui maupun bayi yang baru belajar makan agar mendapatkan manfaat perlindungan dan dukungan perkembangan otak bayi.

Asam omega 3 yang terdapat dalam ikan seperti ikan salmon membantu perkembangan otak bayi supaya bayi bisa memiliki kemampuan pemecahan masalah, konsentrasi, serta meningkatkan daya ingat.

5. Buah Alpukat

Buah yang baik dan tak kalah jitunya dalam memberikan nutrisi serta dukungan pada perkembangan otak bayi adalah buah alpukat. Buah satu ini dikenal memiliki kandungan asam omega 3 yang kaya dan berfungsi dalam melancarkan aliran darah ke otak, cara alami untuk meningkatkan kemampuan otak bagi para konsumennya.

Ibu bisa menghancurkannya dan menjadikan alpukat sebagai makanan pendamping ASI atau dikonsumsi sendiri dan bayi juga akan mendapatkan manfaat yang sama ketika menyusu.

6. Telur Ayam

Terutama kuning telurnya! Di sini, terdapat sekitar 200 miligram kolin yang diperlukan oleh bayi hingga usianya mencapai 8 tahun sebagai nutrisi penting dalam pengembangan pusat ingatan.

Telur juga dikenal memiliki kandungan gizi lain yang tak kalah penting seperti zat besi, asam folat, vitamin A dan vitamin D. Mengonsumsi telur bisa jadi alternatif untuk membantu ibu memproduksi ASI berkualitas sehingga bayi bisa mendapatkan manfaat maksimalnya.

Baca Juga: Cara Hamil Anak Laki-laki Yang Terbukti Berhasil

7. Sayuran Hijau

Jangan lewatkan sayuran hijau dari daftar makanan harian bagi ibu menyusui. Sayuran hijau dikenal mengandung berbagai nutrisi yang mampu memengaruhi ASI sehingga terasa lebih segar dan enak bagi bayi.

8. Susu

Dan berbagai olahannya seperti keju maupun yoghurt adalah rekomendasi makanan ibu menyusui agar bayi cerdas yang sebaiknya tidak dilewatkan. Kandungan kalsium yang ada pada susu bukan hanya berfungsi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang bagi yang mengonsumsinya tetapi juga mendukung perkembangan otak.

Bukan hanya dengan menjaga pola makan yang baik dan mengutamakan 8 rekomendasi makanan di atas. Untuk lebih melancarkan produksi ASI, ibu sebaiknya tidak lupa dengan

Pencarian Masuk:

  • makanan untuk ibu menyusui
  • makanan ibu menyusui
  • https://geosehat com/makanan-ibu-menyusui-agar-bayi-cerdas/
  • makanan sehat untuk ibu menyusui
  • Makanan yang baik untuk ibu menyusui
  • makanan ibu menyusui agar bayi cerdas
  • makanan sehat ibu menyusui
  • agar bayi cerdas
  • cara memutihkan kulit bayi melalui asi
  • cara alami memutihkan kulit bayi lewat asi

Leave A Reply

Your email address will not be published.