Website Panduan Kesehatan dan Kecantikan

10 Makanan Penyubur Kandungan Yang Sehat, Agar Segera Hamil

makanan penyubur kandungan

Kehamilan adalah saat-saat yang ditunggu-tunggu setelah pernikahan. Proses kehamilan dan memiliki momongan atau buah hati dapat menambah kebahagiaan kehidupan berumah tangga, lebih mendekatkan rasa kasih sayang antar keluarga, dan meningkatkan hubungan suami istri.

Hal-hal tersebutlah yang menyebabkan banyak pasangan suami istri yang sudah tidak sabar menunggu kehamilan atas putra putri mereka.

Kehamilan merupakan anugrah dari Yang Maha Kuasa, namun ternyata kehamilan juga dapat dipicu dari luar agar cepat terbentuk. Berbagai cara dilakukan oleh seorang pasangan untuk mendapatkan momongan. Cara- cara tersebut memiliki berbagai macam versi.

Baca Juga: Cara Melancarkan Haid Secara Alami

Makanan Penyubur Kandungan Yang Sebaiknya Anda Konsumsi

Cara untuk mempercepat kehamilan dapat dipicu oleh beberapa faktor berikut seperti, makan makanan tertentu, posisi saat berhubungan, gaya hidup, kondisi kesehatan, faktor kesuburan secara genetik, siklus haid dan ovulasi yang tepat, dan lainnya.

Makanan penyubur kandungan yang dapat mempercepat kehamilan berasal dari makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, daging, dan biji-bijian. Hindari makanan cepat saji dan berpengawet. Nutrisi dari bahan-bahan alami mempunyai manfaat dalam meningkatkan kualitas sel telur dan menyehatkan sistem reproduksi.

Buah-buahan atau sayuran yang sering dikonsumsi untuk mempercepat kehamilan biasanya mengandung vitamin C yang tinggi, asam folat, vitamin E, zat besi, beta karoten, dan lainnya.

Selain mengkonsumsi makanan sehat, perlu juga melakukan aktivitas yang mendukung lainnya seperti olahraga. Gaya hidup sehat akan membuat sistem organ reproduksi Anda sehat dan mempercepat kehamilan.

Berikut ini adalah makanan dan buah-buahan yang direkomendasikan karena nutrisi yang dikandungnya lebih banyak.

1. Semangka

makanan penyubur kandungan yaitu semangka

Buah yang mampu menyuburkan kandungan. Buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga membantu menyegarkan sel-sel tubuh dan terhindar dari dehidrasi.

Semangka juga dipercaya dapat memiliki peran untuk mempercepat kehamilan. Buah semangka memiliki kandungan senyawa yang bernama situlin. Senyawa tersebut mampu meningkatkan gairah seksual pasangan. Selain itu senyawa ini mampu meningkatkan nitrit oksida yang berperan dalam meningkatkan kualitas sistem reproduksi pada pria.

Baca Juga: Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

 2. Jambu Biji Merah

makanan penyubur kandungan yaitu jambu biji merah

Buah Jambu biji merah memiliki kandungan likopen yang berfunsi sebagai antioksidan. Antioksidan berperan dalam mengurangi radikal bebas atau zat toksik dalam tubuh yang dapat memperburuk kualitas sel telur dan sistem reproduksi.

3. Kurma

makanan penyubur kandungan yaitu kurma

Kurma memiliki kandungan baik untuk menyuburkan sistem reproduksi. Kurma memiliki kandungan nutrisi, magnesiuum, kalium, serat, zat besi, dan vitamin B kompleks. Kurma yang masih muda dipercaya lebih efektif karena kandungannya yang lebih tinggi.

Namun kurma muda perlu diolah terlebih dahulu untuk menyamarkan rasa pahitnya. Zat besi diketahui mampu memperlancar siklus menstruasi dan meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas. Zat besi bisa juga ditemukan dalam produk susu atau kacang-kacangan.

Konsumsi buah –buahan harus rutin dan teratur. Buah lebih baik dimakan langsung agar kandungannya tidak terpecah. Namun apabila Anda bosan, bisa dikombinasikan dengan jus. Buah-buahan lain juga direkomendasikan untuk kesehatan tubuh Anda.

Utamakan memilih buah-buahan yang tinggi kadar air dan tidak memiliki efek panas. Konsumsi buah durian dan nangka sebaiknya diminimalkan karena memiliki efek panas pada sistem pencernaan. Beberapa sumber mengatakan buah durian tidak baik untuk kehamilan.

4. Kangkung

makanan penyubur kandungan yaitu kangkung

Sayuran hijau juga baik untuk kesehatan reproduksi. Kangkung memiliki kadar zat besi yang cukup tinggi. Zat besi berperan penting dalam siklus menstruasi dan kualitas sel telur. Zat besi nantinya juga dibutuhkan dalam meningkatkan kadar darah ibu dalam proses kehamilan.

Sayuran hijau juga mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan berperan untuk detoksifikasi radikal bebas dalam tubuh sehingga zat-zat buruk dalam tubuh dapat dibuang. Tubuh yang sehat mempengaruh kesiapan sistem reproduksi untuk mempercepat kehamilan.

 5. Bayam

Bayam juga memiliki kadar zat besi yang tinggi dan antioksidan. Konsumsi bayam mampu meningkatkan kesehatan sistem reproduksi.

Konsumsi sayuran hijau lainnya juga direkomendasikan sebagai pilihan lain. Anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau sebagai salad agar kandungan nutrisinya tidak berkurang akibat proses memasak.

Selain konsumsi buah dan sayuran, perlu juga konsumsi makanan tinggi protein. Makanan tinggi protein dapat berasal dari protein hewani yaitu daging, telur, susu, dan ikan maupun protein nabati dari biji-bijian.

 6. Daging

Daging memiliki kandungan serat dan zat besi yang tinggi. Zat besi yang paling tinggi berada pada daging ayam. Serat dan protein tinggi juga membantu metabolisme tubuh lebih baik.

 7. Ikan

Ikan memiliki kandungan protein yang tinggi baik untuk pembentukan energi dalam proses metabolisme tubuh.

 8. Telur

Kuning telur memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Selain itu telur juga merupakan sumber protein. Telur membantu menyehatkan sel telur dan menyuburkan kandungan. Namun, konsumsi kuning telur tidak direkomendasikan bagi orang yang memiliki kadar kolestrol yang tinggi.

Baca Juga: Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

 9. Produk Olahan Susu

Produk dari susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan berperan dalam meningkatkan kesuburan. Selain itu produk susu juga dapat merangsang pengeluaran hormon kesuburan seperti LH dan FSH. Anda bisa mengkonsumsi olahan susu lainnya seperti keju atau yogurt.

 10. Biji-bijian

Biji-bijian memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat biasa dikonsumsi para wanita untuk mempercepat kehamilan. Contoh biji-bijian adalah kedelai,kacang tanah, kacang almond, dan lainnya. Biji-bijian juga mengandung omega 3 yang baik untuk peningkatan hormon kesuburan.

Makanan-makanan yang berasal dari protein hewani dan protein nabati diatas, dapat diolah sedemikian rupa dan dikonsumsi rutin setiap hari. Pastikan menu makanan Anda sehat dan bergizi tinggi untuk menjaga kualitas sel telur dan kesehatan sistem reproduksi sehingga lebih siap dan cepat dalam membentuk proses kehamilan.

Pencarian Masuk:

  • makanan penyubur kandungan
  • https://geosehat com/makanan-penyubur-kandungan/
  • makanan penyubur rahim
  • buah penyubur kandungan
  • Makanan untuk penyubur kandungan
  • penyubur kandungan
  • buah yg sehat untuk ibu hamil
  • makanan dn buanh penyubur kandungan
  • makanan penyubu
  • Makanan penyubur

Leave A Reply

Your email address will not be published.