Website Panduan Kesehatan dan Kecantikan

12 Manfaat Beras Merah Dan Kandungannya Bagi Kesehatan

manfaat beras merah

Beras merah atau brown rice merupakan beras yang diproduksi tanpa melalui proses penggilingan, hanya dipisahkan dari kulit ari (sekam)nya saja. Sedangkan beras putih umumnya digiling hingga bersih.

Beras merah ini berbentuk butiran utuh (whole grain) , berwarna merah, lebih kenyal dari beras putih, memiliki rasa seperti kacang, dan biasanya cepat basi.  Selain itu harga beras merah juga lebih mahal mengingat persediannya yang semakin terbatas dan proses penyimpanan yang sulit.

Pada zaman peperangan dahulu, orang-orang Asia sudah banyak yang mengonsumsi beras merah. Di masa itu, beras merah cenderung dikonsumsi oleh rakyat miskin, penderita penyakit tertentu, dan kaum manula. Namun seiring berkembangnya zaman, beras merah mulai dilirik masyarakat dan digunakan sebagai menu sehat untuk diet.

Baca Juga: Cara Mengatasi Darah Rendah Yang Aman

Kandungan Dalam Beras Merah

manfaat beras merah dan kandunganya

Selain berbeda pemprosesannya, beras merah dan beras putih juga memiliki kandungan yang tidak sama. Para pakar kesehatan menjelaskan bahwa nutrisi di dalam beras merah terbukti lebih banyak dibandingkan beras putih. Segelas nasi beras merah mengandung 216, 45 kalori, dimana kandungan tersebut sudah mencukupi 88% kebutuhan kalori harian. Beberapa kandungan dalam beras merah diantaranya:

1. Zat antosianin

Salah satu kandungan dalam beras merah adalah zat antosianin yang memberikan warna merah pada kulit ari beras merah. Zat ini memiliki peranan penting bagi kesehatan, yakni sebagai antikanker, antioksidan, antihiperglikemik, dan antihipertensi.

2. Minyak alami dan serat

Kulit ari pada beras merah juga kaya minyak alami dan serat. Minyak tersebut merupakan asam lemak alfa-linolenat yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Sedangkan kandungan seratnya mencapai 3,5 gram dalam semangkuk beras merah. Fungsinya untuk memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu proses pencernaan, dan mencegah sembelit.

3. Mineral

Beras merah memiliki kandungan magnesium cukup tinggi. Kadar magnesium di beras merah sekitar 84 mg/ satu mangkuk berasnya, sedangkan beras putih hanya mengandung 19 mg magnesium pada porsi yang sama. Mineral lain yang ada dalam beras merah adalah mangan, selenium, kalsium, kalium, fosfor, dan zat besi.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan dan Kecantikan

4. Vitamin

Vitamin B1 kompleks (thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin) di beras merah turut mengguguli kadar vitamin B1 di beras putih. Di samping itu, beras merah juga mengandung vitamin A.

5. Karbohidrat dan protein

Beras merah juga mengandung karbohidrat dan protein lebih tinggi dibandingkan beras putih, masing-masing sekitar 77,6g/100 gram dan 7,5mg/100 gram.

6. Asam amino

Nutrisi lain dari beras merah yang tak kalah penting adalah asam amino. Jenis asam amino yang terkandung dalam beras merah cukup banyak, beberapa diantaranya  asam amino triptofan dan Gamma-aminobutyric acid (GABA).

GABA dapat dihasilkan apabila beras merah dimasak dengan teknik tertentu, yakni germinated brown rice (GBR). Pada teknik ini, dijelaskan bahwa sebelum memasak beras merah, kita dianjurkan merendamnya terlebih dahulu dalam air hangat (suhu sekitar 38oC) selama 20 jam. Dengan begitu, kandungan enzim, GABA, dan asam amino lainnya dalam beras merah dapat diperoleh.

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

manfaat beras merah untuk kesehatan

Walaupun kalah populer dengan beras putih, namun manfaat beras merah untuk kesehatan jauh lebih besar. Seperti yang telah dijelaskan diatas, beras merah memilki banyak sekali kandungan nutrisi, mulai dari serat, asam lemak, magnesium, asam amino, dan sebagainya.

Sehingga tidak heran jika beras merah ini sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Beberapa diantara manfaat beras merah untuk kesehatan, adalah:

1. Membantu program diet (menurunkan berat badan)

Beras merah sering dijadikan menu makan harian oleh para pejuang diet. Yak, memang tak perlu diragukan lagi khasiat dari beras merah ini bisa membantu mengikis lemak dalam tubuh.

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks, yang mana karbohidrat kompleks ini membutuhkan waktu lama untuk proses pencernaannya. Sehingga nantinya kamu tidak mudah merasakan lapar. Jadi bisa mengurangi kebiasaan ngemil.

Selain itu, beras merah juga mempunyai kandungan kalori yang rendah karena tingginya air dan serat didalamnya. Makanan berkalori rendah biasanya lebih mudah membantu menurunkan berat badan.

2. Mencegah sembelit

Menurut sebuah penelitian, kandungan serat dalam beras merah 6 kali lipat lebih tinggi dibandingkan beras putih. Hal ini tentu sangat bermanfaat, sebab serat berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaaan, khususnya usus. Selain itu, kandungan ini juga melancarkan proses BAB, mencegah terjadinya sembelit, dan menurunkan risiko kanker usus.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)

The Natural Medicines Comprehensive Database menemukan bahwa Beras Merah mengandung senyawa Lovastatin alami atau dikenal Monacolin K yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (HDL), dan menaikan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Karena manfaatnya tersebut, dapat dikatakan beras merah ini berpotensi memperkecil risiko penyakit degeneratif (jantung dan pembuluh darah).

Baca Juga: Diet Sehat Golongan Darah A

Meski demikian, United States Food and Drug Administration mengatakan bahwa beras merah tidak disarankan untuk dikonsumsi wanita hamil dan penderita liver, sebab bisa menimbulkan efek samping berupa sakit kepala, mulas, dan buang gas.

4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Magnesium merupakan mineral pendamping kalsium, dimana keduanya sama-sama berperan penting dalam proses pembentukan tulang. Nah, sebagaimana yang dijelaskan diatas, beras meras mengandung magnesium dan kalsium, sehingga bisa disimpulkan bahwa beras merah bisa membantu kesehatan tulang serta gigi, dan mencegah osteoporosis.

5. Menurunkan risiko Diabetes

Beras meras merupakan jenis makanan yang mempunyai indeks glikemik rendah. Dalam artian, dapat mengontrol gula darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga membuat proses penyerapannya berjalan lambat, sehingga peningkatan kadar gula dalam darah akan terjadi secara perlahan dan lebih stabil.

Kandungan zat antioksidan, vitamin A dan B kompleks, serta mineral dalam beras merah juga membantu mencegah risiko komplikasi penyakit diabetes mellitus.

6. Antioksidan Alami

Beberpaa kandungan mineral dalam beras merah (seperti zat besi dan mangan) serta zat antosianin menjadi sumber antioksidan alami yang berguna untuk mecegah kerusakan sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Demikianlah manfaat beras merah untuk kesehatan. Nah, bagi kamu yang sedang melakukan program diet, jangan ragu untuk mengonsumsi berat deh! Selain bisa menurunkan berat badanmu, kamu juga bisa memperoleh khasiat lainnya yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Pencarian Masuk:

  • kandungan beras merah
  • manfaat beras merah
  • beras merah mengandung vitamin
  • https://geosehat com/manfaat-beras-merah/
  • kandungan beras
  • kandungan nasi merah
  • kandungan dalam beras merah
  • kandungan vitamin beras merah
  • beras merah
  • beras merah mengandung vitamin?
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.