Website Panduan Kesehatan dan Kecantikan

7 Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil Dan Kandungannya

manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

Kesuburan, kehamilan selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Terutama untuk pasangan-pasangan muda yang sedang mendambakan kehadiran buah hati maupun pasangan yang sudah menjalani pernikahan dalam jangka waktu yang cukup lama namun belum juga dipercaya untuk dikaruniai buah hati.

Dipercaya atau tidak pembuahan yang menyebabkan kehamilan tidak selalu terjadi secara alamiah seperti yang kita pikirkan. Rata-rata pasangan yang tidak memiliki masalah kesehatan hanya mempunyai kesempatan sebesar 15-20 % per siklus menstruasi.

Baca Juga: Cara Melancarkan Haid Secara Alami

Artinya adalah dalam satu bulan atau dalam satu siklus menstruasi kesempatan terjadinya pembuahan hanya terjadi selama satu hari yaitu saat sel telur yang matang bertemu dengan sperma yang baik agar pembuahan dapat terjadi. Beberapa pasangan memilih untuk meningkatkan kesuburannya dengan memakan makanan sehat. Makanan sehat dengan kandungan nutrisi yang tinggi dapat meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.

Salah satu buah yang dapat meningkatkan kesuburan secara alamiah adalah buah kiwi. Kiwi dengan kandungan gizi yang tinggi sangat bermanfaat bagi wanita yang ingin menginginkan kehamilan.

Praktisi diet Geraldine Georgeou mengatakan, “Manfaat nutrisi dari buah kiwi benar-benar mengagumkan dengan jumlah nutrisi yang lebih banyak dari buah lain lebih dari yang dibayangkan. Faktanya ada dua puluh nutrisi dan mineral di setiap butir buahnya.”

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesuburan

manfaat buah kiwi untuk ibu hamil kaya manfaatnya

Mengapa kiwi sangat baik untuk meningkatkan peluang kesuburan?

  • Indeks Glikemik yang Rendah. Kiwi merupakan buah dengan indeks glikemik rendah dan juga rendah lemak dan sumber asam folat. Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat yaitu mengkonsumsi makanan dengan glikemik indeks yang rendah, karbohidrat, protein, dan rendah lemak meningkatkan peluang kesuburan bagi wanita yang menginginkan kehamilan. Diet yang sehat dikombinasikan olahraga teratur dan difokuskan pada berat badan yang ideal adalah faktor yang penting dalam kesuburan seseorang.
  • Kaya Vitamin C. Kiwi mengandung tiga kali vitamin C lebih banyak dibandingkan jeruk dan memenuhi kecukupan vitamin C sehari yang diperlukan tubuh. Vitamin ini juga menangkal efek buruk dari stress yang dapat membantu mencegah keguguran pada kehamilan muda.
  • Tinggi Asam Folat. Kiwi mengandung 10% kebutuhan asam folat dalam sehari yang penting untuk kesehatan ibu dan janin selama kehamilan. Konsumsi makanan dengan kandungan asam folat mencegah penyakit tabung syaraf pusat pada janin. Direkomendasikan bagi anda yang menginginkan kehamilan untuk mulai mengkonsumsi asam folat setidaknya satu bulan sebelum kehamilan dan juga saat hamil.
  • Asam folat berperan dalam perkembangan organ vital janin di rahim yang juga mencegah bayi lahir cacat. Pengaruh asam folat yang lain pada kehamilan yaitu sirkulasi darah antara ibu dan bayi menjadi lebih lancar sehingga membuat janin tumbuh dengan sehat.
  • Mengandung Zinc. Jangan melupakan peran laki-laki yang juga berperan penting dalam pembuahan. Buah kiwi juga mengandung zinc yang baik bagi laki-laki dalam produksi testoteron untuk mendapatkan jumlah sperma yang cukup
  • Mengandung Actinidain. Actinidain merupakan enzim  pencernaan yang unik yang ada di buah kiwi. Enzim ini membantu mencerna makanan yang dimakan dengan stabil. Enzim ini akan mencerna protein menjadi struktur yang lebih sederhana dan meredakan kembung dan mual ketika awal masa kehamilan.

Manfaat kesehatan buah kiwi sebelum dan selama kehamilan yaitu antara lain.

manfaat buah kiwi untuk ibu hamil dengan banyak khasyiatnya

1. Memenuhi kebutuhan harian vitamin selama kehamilan

Dengan kandungan utama Vitamin C, E dan A, mengkonsumsi satu buah kiwi dapat memenuhi kebutuhan harian dari vitamin C. Vitamin C dan E membantu sistem kekebalan tubuh. Mencegah terjadinya diabetes selama kehamilan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

2. Mencegah penyakit diabetes selama kehamilan

Warna buah kiwi yang hijau dan tebal merupakan hal unik dari karakteristik buah tropis lainnya. Buah ini dapat membantu menurunkan berat badan dan menolong tercapainya tubuh yang sehat. Indeks glikemik yang rendah menyebkan kiwi termasuk buah yang direkomendasikan bagi penderita PCOS dan diabetes.

3. Mineral penting untuk kehamilan yang sehat

Mengandung berbagai macam mineral penting bagi tubuh terutama bagi wanita hamil. Buah dengan tinggi nutrisi dapat membantu terjadinya kehamilan yang sehat dan lancar. Kiwi juga banyak mengandung fosfor , magnesium dan tembaga. Dengan kandungan garam yang rendah namun tinggi kalium membantu menurukan tekanan darah.

4. Baik bagi pencernaan ibu hamil

Bagi ibu hamil, kiwi juga memberikan kandungan serat yang cukup dan sehat. Selama kehamilan konsumsi serat dapat menurunkan resiko hemoroid dan sembelit. Serat akan mengikat dan membersihkan racun yang ada di dalam usus. Konsumsi kiwi secara teratur membantu menghilangkan masalah pencernaan seperti gas, mual, dan rasa tidak enak di dalam perut.

5. Kaya antioksidan

Kiwi kaya akan kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Zat yang bernama flavonoid menaikkan nilai nutrisi dari kiwi. Keduanya baik antioksidan maupun flavonoid berguna untuk melindungi sel tubuh dari stress dan kerusakan DNA dan juga kanker. Kiwi adalah buah yang baik untuk meningkatkan energi dan menguatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Cara Hamil Anak Laki-laki Yang Terbukti Berhasil

6. Membantu kesehatan jantung

Buah kiwi membantu kesehatan jantung secara alami. Mengkonsumsi buah kiwi dapat mengurangi resiko penggumpalan darah dan juga mengurangi jumlah lemak yang ada di darah yang menyebabkan sumbatan dan gumpalan di otak yang bisa berakibat fatal menjadi stroke.

7. Mencegah anemia pada ibu hamil

Kiwi juga berperan penting dalam penyerapan zat besi yang bisa mengurangi resiko terjadinya anemia. Di Indonesia kasus anemia pada ibu hamil tergolong tinggi, oleh karena itu dokter biasanya meresepkan tambahan zat besi untuk mencegah anemia. Anda dapat mengkonsumsi makanan kaya zat besi lainnya seperti kiwi.

Demikian beberapa manfaat buah kiwi untuk meningkatkan kesuburan dan ibu hamil. Tentu saja Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui baik tidaknya mengkonsumsi buah ini. Karena kehamilan setiap orang memiliki kondisi yang berbeda.

Pencarian Masuk:

  • manfaat buah kiwi untuk ibu hamil
  • manfaat buah kiwi buat ibu hamil
  • buah kiwi untuk ibu hamil tua
  • manfaat buah kiwi untuk hamil
  • manfaat buah gold kiwi utk ibu hamil
  • Kiwi bagi orang hamil
  • kandungan asam folat pada buah kiwi
  • buah untuk menyuburkan rambut
  • Buah kiwi untuk bumil
  • buah kiwi baik buat orang hamil
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.