Website Panduan Kesehatan dan Kecantikan

12 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Perlu Anda Ketahui

 

manfaat daun kelor

Sering ada pepatah  menyebutkan bahwa dunia tidak selebar daun kelor. Daun kelor ini memang kecil-kecil bentuknya, namun memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Daun yang dalam bahasa Inggris dikenal pula dengan nama Moringa leaves ini mulai populer digunakan sebagai makanan super dengan kandungan nutrisi tinggi untuk mencegah peradangan, sebagai zat antioksidan, serta kemampuanya melindungi jaringan dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Beras Merah Dan Kandungannya Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Kelor

Moringa oleifera adalah bahasa latinnya, merupakan tanaman kecil yang berasal dari India, Pakistan, dan Nepal. Telah digunakan dari zaman dahulu di negara-negara timur untuk mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung, anemia, artritis, liver, pernapasan, kulit, dan juga gangguan pencernaan.

Selain khasiatnya dalam mencegah berbagai macam penyakit, daun kelor juga memiliki segudang manfaat lainnya bagi kecantikan, seperti manfaatnya untuk rambut dan kulit berikut.

1.Manfaat Daun Kelor Untuk Mempercepat Pertumbuhan Rambut

manfaat daun kelor untuk rambut

Pasokan oksigen yang cukup serta nutrisi bagi folikel rambut merupakan dua buah faktor yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Daun kelor sangat kaya akan vitamin A, yang dapat berfungsi sebagai promotor pertumbuhan rambut sehingga rambut tumbuh lebih cepat serta lebih terawat.

Vitamin A memiliki peranan penting dalam perawatan sel-sel kulit kepala yang sehat serta untuk mengurangi kerontokan. Kekurangan vitamin A biasanya dapat menyebabkan penebalan kulit kepala, rambut kering dan berketombe.

2. Meningkatkan Imunitas

Daun kelor juga mengandung mineral seng (zinc) yang merupakan elemen penting dalam meningkatkan sistem imunitas sehingga rambut lebih mudah tumbuh panjang. Elemen seng dalam daun kelor juga berkolaborasi dengan silika dan vitamin A untuk mencegah keringnya kulit kepala serta mecegah penyumbatan kelenjar minyak di kulit kepala.

Kekurangan elemen seng dapat menyebabkan terhentinya pertumbuhan rambut karena kekurangan bahan untuk sintesis DNA dan protein. Elemen seng juga mempengaruhi pembentukan asam nukleat sebagai bahan pembentuk DNA.

3. Melancarkan Sirkulasi di Kulit Kepala

Selain vitamin A, daun kelor mengandung vitamin E dalam kadar cukup tinggi pula. Vitamin E dalam daun kelor berfungsi sebagai antioksidan yang sangat kuat untuk menstimulasi sirkulasi aliran darah di sekitar kulit kepala. Jika sirkulasi di kulit kepala lancar, maka penyerapan nutrisi pun lebih mudah untuk kesehatan folikel rambut.

4. Mencegah Kerontokan

Kerontokan dapat terjadi dikarenakan defisiensi vitamin B6, zat biotin, inositol, serta asam folat. Daun kelor menyediakan berbagai zat tersebut sehingga dapat mencegah kerontokan rambut.

Vitamin E beserta vitamin C didalam daun kelor juga saling bekerjasama untuk meningkatkan peredaran darah di sekitar kulit kepala sehingga rambut tetap ternutrisi dan tidak mudah rontok.

5. Minyak Kelor Untuk Rambut

Minyak daun kelor yang sudah diekstrak dari tumbuhan kelor juga memiliki manfaat bagi kekuatan rambut dan kulit kepala.

Baca Juga: Diet Sehat Golongan Darah A

Pemijatan kepala secara teratur menggunakan minyak kelor membantu mencegah rambut patah serta ketombe, dengan memberikan suplai vitamin dan mineral yang secara langsung dibutuhkan jaringan pada kulit kepala.

6. Manfaat Daun Kelor Sebagai Zat Anti Penuaan Dini

Setiap perempuan tentunya paling takut jika kulit mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan-kerutan di wajah. Jangan khawatir, karena daun kelor dapat menjadi solusinya.

Kerutan di wajah biasanya disebabkan oleh radikal bebas yang menyerang kulit sehingga menimbulkan kerut. Daun kelor dengan kandungan antioksidannya dapat menangkal radikal  bebas serta mengembaikan kekencangan kulit sehingga terlihat lebih muda.

7. Kaya Akan Antioksidan

Daun kelor mengandung sekitar 30 jenis antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Minyak yang dikandung dalam daun kelor juga sangat mudah diserap kulit dan membantu menyebarkan sifat antioksidan ke sel-sel kulit yang mulai rusak.

8. Pembentuk Kolagen Dan Keratin

Kandungan sulfur yang juga cukup tinggi dalam daun kelor membuatnya menjadi agen pembentuk kolagen dan keratin yang sangat baik.

Kolagen merupakan zat elastis yang memberikan fleksibilitas dan kelembutan kulit, sementara keratin merupan zat kaku yang dapat membuat kulit terasa lebih kencang dan kuat. Kedua komponen tersebut merupakan komponen utama dalam jaringan kulit dan terbentuk dari protein yang mengandung sulfur seperti pada daun kelor.

9. Menjaga Kulit Tetap Cerah

Bagian lain dari tumbuhan kelor yang dapat dimanfaatkan kulit adalah ekstrak biji kelor. Ekstrak ini sudah mulai populer di industri kosmetik, karena sifatnya yang sebagai zat terapi dan dapat memurnikan kulit dari berbagai racun dan kotoran, dengan cara menyaringnya di jaringan kulit bagian dalam. Dengan begitu, kulit menjadi lebih cerah serta warna kulit pun cantik alami.

10. Manfaat Untuk Kulit Bayi

Minyak kelor juga sudah banyak dikembangkan dari ekstrak biji kelor sebagai bahan yang dapat melembutkan kulit bayi dengan efek menenangkan.

Baca Juga: Jenis Tanaman Obat Diabetes

11. Melindungi Kulit Dari Polusi

Ekstrak biji kelor juga banyak digunakan dalam krim kulit dengan fungsinya yang sangat baik dalam melindungi kulit dari polusi seperti asap rokok atau asap kendaraan.

Biji daun kelor pun dapat ditumbuk dan dijadikan bubuk yang memiliki kandungan aktif untuk kecantikan kulit. Banyak dimanfaatkan sebagai krim dan lotion yang melindungi kulit dari polusi.

12. Menghilangkan Noda Hitam

manfaat daun kelor untuk masker/noda hitam di wajah

Daun kelor mengandung cukup vitamin C yang merupakan salah satu nutrisi yang paling ampuh untuk menghilangkan noda dan flek hitam pada wajah. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat mencegah jerawat muncul di wajah.

Itulah tadi berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun kelor untuk kecantikan rambut dan kulit. Ingin mencoba? Caranya pun mudah sekali. Anda bisa membuat sendiri masker daun kelor di rumah.

Untuk membuat masker kelor, petiklah 20-30 lembar daun kelor. Tumbuk perlahan hingga halus, jika terasa sulit bisa ditambahkan sedikit air. Untuk membuat masker lebih padat, nantinya dapat ditambahkan bedak bayi.

Oleskan masker ke seluruh permukaan wajah kecuali mata dan bibir. Tunggu hingga 15-20 menit, dan selanjutnya bilas wajah dengan air dingin.

Mudah, bukan? Sudah tertarik jadi lebih cantik dengan bantuan daun kelor?

Pencarian Masuk:

  • manfaat daun kelor bagi kecantikan
  • manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan
  • Cara merawat kesehatan dengan daun alami
  • daun kelor untuk rambut
  • manfaat daun kelor untuk wajah
  • minyak biji kelor bisa untuk bulu mata tidak?
  • penumbuh rambut balita loc:ID
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.